Ini Penampakan Pertama Jiraiya di Manga Naruto 19 Tahun yang Lalu

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 28 Agu 2020 14:16 WIB
Jiraiya di manga Naruto
Karakter Jiraiya pertama kali muncul di manga Naruto sekitar 19 tahun yang lalu Foto: Istimewa
Jakarta -

Karakter Jiraiya atau petapa tua nakal pertama kali muncul di manga Naruto sekitar 19 tahun yang lalu. Pekan ini, penerbit Shonen Jump secara khusus memberikan penghormatan pada sosok Jiraiya yang ikonik tersebut.

Shonen Jump berkicau mengenai tribut kepada Jiraiya di akun Twitter pribadinya.

"19 tahun yang lalu pekan ini, legenda shinobi pertama kali muncul di manga Naruto bab ke-90. Kami akan membawamu ke momen-momen ikonik untuk merayakan Tahun-nya Naruto sepanjang tahun 2020," tulis Shonen Jump, dilihat dari akun Twitter @shonenjump, seperti dilihat detikcom, Jumat (28/8/2020).

Tahun ini, manga Naruto merayakan hari jadi yang ke-20. Komikus Masashi Kishimoto merilis manga Naruto pertama kali pada 1999.

Masashi Kishimoto bekerja sebagai mangaka sejak tahun 1995. Pada 1997, manga one shot dari manga Naruto diterbitkan di Akamaru Jump Summber, dan September 1999 manga Naruto resmi terbit di Shonen Jump.



Siapakah karakter Jiraiya?

Jiraiya yang dalam nama kanji berarti 'datang karena keinginan sendiri'. Dalam manga Naruto, Jiraiya diceritakan suka datang dan menghilang dari desa Konoha sesuka hatinya.

Naruto Cs kerap memanggil Jiraiya sebagai 'petapa genit'. Dalam manga dan anime, Jiraiya kerap membaca komik-komik vulgar dan ketahuan oleh Naruto dan murid-murid di sekolah Konoha.

Dilansir dari Wikipedia, Masashi Kishimoto menggunakan nama Jiraiya, Tsunade, dan Orochimaru berasal dari cerita kuno Jiraiya Goketsu Monogatari yang ada dalam cerita-cerita Jepang. Jiraiya diketahui punya kemampuan punya jutsu yang banyak.

Komik Boruto: Naruto Next GenerationsKomik Boruto: Naruto Next Generations Foto: Istimewa

Jiraiya pertama muncul di paruh kedua cerita ketika ia mengembalikan Naruto ke tim ninja Konoha. Dia berpesan pada Naruto agar berhati-hati karena akan diincar oleh Akatsuki karena siluman di tubuhnya.

Di manga Boruto: Naruto Next Generations chapter 47, Jiraiya kembali dibicarakan karena komikus Ukyo Kodachi membuat identitas Kashin Koji yang merupakan clone atau manusia buatan Jiraiya.

Kemunculan Jiraya di manga Boruto membuat fans Naruto terkejut sekaligus marah. Gara-gara Jiraiya muncul lagi, manga Boruto berhasil mencapai posisi pertama sebagai komik yang paling banyak dibaca di situs MangaPlus.



Simak Video "Naruto Dikabarkan Mati, Meme Yasinan Ramaikan Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)