Ika Natassa Rilis Novel Sementara, Selamanya saat Pandemi

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 25 Agu 2020 12:07 WIB
Novel Ika Natassa Sementara, Selamanya Rilis Bulan Ini
Novel Ika Natassa yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama (GPU) Sementara, Selamanya rilis pekan ini. Foto: GPU/ Istimewa
Jakarta -

Novelis Ika Natassa tak berhenti menulis saat pandemi COVID-19. Penulis yang tinggal di Medan baru saja meluncurkan karya terbaru Sementara, Selamanya secara virtual.

Novel Sementara, Selamanya awalnya merupakan proyek penulisan impulsif Ika yang digunakan sebagai skenario untuk miniseri yang disutradarai Reza Rahadian.

Miniseri itu pun sukses ditayangkan sejak 6 Juni lalu sebanyak empat episode. Naskah Sementara, Selamanya itu kini dituangkan ke dalam bentuk novel yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama (GPU).

"Pandemi dan kondisi yang menyebabkan ruang gerak menjadi terbatas untuk berada di rumah saja membawa perubahan yang sangat besar. Semua rasa ini dituangkan menjadi cerita untuk Sementara, Selamanya, khususnya lewat karakter Saka," tutur Ika Natassa.

Bermula dari skenario miniseri, novel Sementara, Selamanya kini dibukukan dengan format lebih detil ketimbang naskah.

"Skenario itu kan sejatinya adalah panduan bagi aktor dan aktris untuk memerankan karakter. Di skenario, aku merangkulnya sebagai gaya bercerita yang baru, memadukan deskripsi seperti yang biasa kulakukan saat menulis novel dengan kelincahan dialog," tutur Ika Natassa.

Novel Sementara, Selamanya mengisahkan tentang Saka dan istrinya Zara. Saat pandemi COVID-19 merebak di Jakarta, pasangan ini memutuskan tinggal terpisah sementara waktu karena Zara bertugas sebagai dokter.

Novel Ika Natassa Sementara, Selamanya Rilis Bulan IniNovel Ika Natassa Sementara, Selamanya Rilis Bulan Ini Foto: GPU/ Istimewa

Zara menangani banyak pasien COVID-19 selama masa pandemi. Di masa-masa berat ini, Saka setiap hari melakukan video call dengan istrinya tersebut.

Tantangan dan konflik semakin terasa saat pasangan ini menjalani hubungan yang tak semudah biasanya. Ada masalah yang semakin membuat mereka bertanya-tanya, apakah perpisahan ini hanya sementara atau menjadi selamanya.

Penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) mencetak terbatas sebanyak seribu eksemplar dan sistem penjualan pre-order dimulai pada 25 Agustus 2020.

"Kami optimis buku Ika Natassa terbaru akan ludes dalam hitungan beberapa menit, seperti pre-order buku-buku Ika sebelumnya," tutur Public Relations GPU, Dionisius Wisnu.

Buku Sementara, Selamanya merupakan buku ke-11 Ika Natassa yang rilis bersama GPU. Sebelumnya, ia menerbitkan buku A Very Yuppy Wedding (2007), Divortiare (2008), Antologi Rasa (2011), Twivortiare (2012), Twivortiare 2 (2014), Critical Eleven (2015), Underground (2016), The Architecture of Love (2016), Critical Eleven Screenplay Book (2017), dan Susah Sinyal: Sebuah Novel yang terbit 2018 lalu.



Simak Video "Debut Jadi Sutradara, Reza Rahadian: Repot Setengah Mati"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)