Sekuel Novel Amba Karya Laksmi Pamuntjak Akhirnya Rilis di Indonesia

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 19 Agu 2020 09:43 WIB
Laksmi Pamuntjak Resmikan Novel Kekasih Musim Gugur
Laksmi Pamuntjak meluncurkan novel Kekasih Musim Gugur di Indonesia Foto: Laksmi Pamuntjak
Jakarta -

Laksmi Pamuntjak akhirnya menerbitkan sekuel novel Amba yang berjudul Kekasih Musim Gugur awal Agustus. Novel yang versi bahasa Inggris berjudul Fall Baby itu mengantarkan Laksmi memenangkan Singapore Book Awards 2020.

Setelah menunggu 8 tahun lamanya, pembaca setia Laksmi Pamuntjak kini bisa membaca kelanjutkan kisah Amba dan Bhisma. Di novel Kekasih Musim Gugur menceritakan tentang Srikandi (Siri) anak dari Amba dan Bhisma bersama dengan sahabatnya Dara dan anak tirinya yang bernama Amalia.

Laksmi Pamuntjak menceritakan setelah novel yang terlebih dahulu terbit dalam bahasa Jerman dan Inggris, ia kesulitan menerjemahkan ke bahasa Indonesia.

"Ada keterlambatan dengan masalah teknis, menerjemahkan ke bahasa Indonesia kan juga capek waktu dan tidak gampang dari satu bahasa ke bahasa lainnya," tutur Laksmi Pamuntjak saat temu media secara virtual pada Selasa (18/8/2020).

Ada banyak hal yang dipertimbangkan ulang dan ketika novel yang awalnya berbahasa Jerman itu diterjemahkan ke Indonesia, Laksmi Pamuntjak mengakui terasa aneh.

Laksmi Pamuntjak Resmikan Novel Kekasih Musim GugurLaksmi Pamuntjak Resmi Luncurkan Novel Kekasih Musim Gugur Foto: GPU/ Istimewa

Selama 8 bulan lamanya, penulis Aruna dan Lidahnya bukan hanya menerjemahkan tapi juga menulis ulang.

"Itu yang menyebabkan ada jeda panjang yang agak ganjil," katanya.

Di awal perencanan, penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) dan Laksmi Pamuntjak ingin membuat judul berbahasa Indonesia dengan Srikandi. Tapi akhirnya mengikuti judul bahasa Inggris yang ketika diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi Kekasih Musim Gugur.

"Terdengar lebih romantis," kelakar Laksmi.

Sebelumnya, novel sekuel Amba itu terbit dalam bahasa Jerman dengan judul Herbstkind pada September 2018. Merasa tak puas, Laksmi Pamuntjak pun menyempurnakan novelnya dan selesai pada Desember 2018.

Pada September 2019, novel versi bahasa Inggris Fall Baby diterbitkan oleh Penguin Random House SEA dan menjadi bestseller di Asia Tenggara.

Kini novel Kekasih Musim Gugur bisa dinikmati pembaca Indonesia mulai 3 Agustus. Kekasih Musim Gugur mengisahkan tentang seniman kosmopolitan dan aktivis politik bernama Srikandi (Siri) dan Dara. Siri adalah anak Amba dan Bhisma, tokoh utama dalam novel pertamanya, Amba.



Simak Video "Rekomendasi Film Bertema Pentingnya Keluarga dalam Hidup"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)