Ini Bocoran Buku Sajak Terakhir Sapardi Djoko Damono yang Segera Rilis

Tia Agnes - detikHot
Senin, 03 Agu 2020 15:09 WIB
Sapardi Djoko Damono
Setelah meninggal, ada satu buku sajak Sapardi Djoko Damono yang segera rilis Foto: Gramedia Pustaka Utama/ Istimewa
Jakarta -

Sepeninggal Sapardi Djoko Damono, ada satu warisan buku yang belum rilis. Buku kumpulan sajak yang berjudul Mboel, ditulis sang maestro untuk istri tercinta, Sonya Sondakh.

Kini penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) segera menerbitkan buku Mboel. Bocorannya sudah dibagikan penerbit yang terbesar di Indonesia tersebut dan disambut antusias oleh fans setia Sapardi Djoko Damono.

".... sajak-sajak yang dimuat dalam buku ini semua baru, yang belum dimuat dalam media cetak apa pun, semacam tribute atau terima kasih untuk perempuan yang biasa saya sapa sebagai mBoel. Demikianlah, sajak-sajak dalam buku ini adalah semacam catatan harian," tulis @sastragpu seperti dilihat detikcom.

Buku sajak Mboel sudah mulai dibuka pre-order hari ini sampai 9 Agustus 2020. Buku yang bersampul hardcover dan warna abu-abu itu disambut antusias oleh pembaca buku.

"Sabar menunggu," tulis @deedee_1***.

"10 Agustus ya, min," tulis netizen lainnya.

Editor Sastra Gramedia Pustaka Utama (GPU), Mirna Yulistianti, mengatakan buku kumpulan puisi Mboel merupakan sebagian besar bentuknya puisi lirik dan narasi.

"Setiap puisi ada penomoran sampai nomor 80," ungkap Mirna Yulistianti.

Salah satu sajak menarik yang dituliskan Sapardi Djoko Damono mengenai perjalanan keduanya ke mal dan makan di restoran favorit. "Ini sebenarnya percakapan mereka dan menarik dituliskan Pak Sapardi," jelasnya.

Menurut Mirna, semangat Sapardi Djoko Damono dalam menulis dan menerbitkan karya tak menghentikannya meski ada di usia senja. Hampir setiap bulan, penulis kelahiran Solo itu mengirimkan naskah terbaru.

[Gambas:Instagram]



Naskah terakhir yang dikirimkan kepada pihak GPU tertanggal 25 April dan segera disunting oleh editor. Setelah menerbitkan novel Segi Tiga tentang ruwetnya cinta pertama awal tahun ini, penerbit sudah menerima naskah buku baru Mboel.

Ada satu puisi yang dibocorkan GPU hari ini. Sajak yang bernomor 17 itu berjudul Sederhana Saja.

"Gelisah adalah sebuah sabana
Ada langit dan ringkik kuda
Angin kering bersiut ke arah laut
Menebarkan
Keletak-keletuk
kakinya

Gelisah adalah sebuah sabana
ada atau tak ada kuda

Sederhana saja"



Simak Video "Sapardi Djoko Damono Ingin Puisi Kian Populer Lewat Musikalisasi Puisi"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)