DetikHot

book

Bagaimana Cara Sampaikan Pesan Moral di Buku Anak?

Jumat, 22 Sep 2017 18:23 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Bagaimana Cara Sampaikan Pesan Moral di Buku Anak? Bagaimana Cara Sampaikan Pesan Moral di Buku Anak? Foto: Andi Sururi
Jakarta - Andini Kusumawardhani punya cara sendiri untuk menyampaikan pesan moral dalam buku yang ditulisnya. Pengarang buku 'Hata Suka Durian' itu membeberkannya pada detikHOT.

"Buku anak lokal itu masih banyak banget tantangan yang harus diperbaiki. Pesan itu nggak harus straight forward, harus lebih soft masukinnya," ujar Andini Kusumawardhani kepada detikHOT, belum lama ini

Cerita yang ditulis penulis buku anak juga harus lebih sederhana meski terdapat pesan-pesan tertentu. Sayangnya buku-buku anak Tanah Air masih kini itu lebih mendikte.



"Harus begini atau begitu. Oh ternyata harus begini yah. Intinya nggak lebih straight forward, menurutku terlalu banyak yang didikte sekarang," lanjutnya lagi.

Lewat cerita-cerita sederhana yang dituliskan, lanjut dia, penulis bisa menciptakan dongeng baru agar lebih menarik pembaca. Tidak terlepas dari mitos maupun dongeng yang sudah lebih dulu tersebar di kalangan masyarakat.

"Imajinasi itu juga harus logis dan luas banget, dengan cerita baru bisa membuat buku anak yang lebih baik lagi, why not," tuturnya.



Ke depannya Andini akan menulis buku anak lagi dengan fokus cerita tentang penyu. Sofie Dewayani dari Litara Foundation juga menambahkan buku anak yang saat ini terjual di toko-toko buku dinilainya belum sesuai dengan kaidah penulisan yang baik dan benar.

"Buku cerita bergambar harusnya gambarnya juga sudah bercerita sendiri. Bukan gambar yang melengkapi cerita, yang ada sekarang apa yang digambar dengan yang ditulis itu sama. Itu sayang sekali," pungkasnya.


(tia/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed