Ferdy Sambo Dituntut Bui Seumur Hidup, Ingat Lagi 30 Years Later Agan Harahap

ADVERTISEMENT

Ferdy Sambo Dituntut Bui Seumur Hidup, Ingat Lagi 30 Years Later Agan Harahap

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 18 Jan 2023 12:05 WIB
Karya Rekayasa Ferdy Sambo Tua Ciptaan Agan Harahap
Foto: Courtesy of Agan Harahap/ Instagram
Jakarta -

Proses pengadilan kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat sampai kepada tuntutan bagi para terdakwa. Ferdy Sambo dituntut seumur hidup bui dalam hasil persidangan yang digelar kemarin.

Mantan Kadiv Propam Polri itu diyakini jaksa bersama-sama dengan terdakwa lain melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir N Yosua Hutabarat dan merusak barang bukti elektronik terkait pembunuhan Yosua.

"Menuntut supaya majelis hakim PN Jaksel yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan menyatakan Terdakwa Ferdy Sambo terbukti bersalah melakukan dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain," kata jaksa saat membacakan tuntutan di PN Jaksel.

Menelisik hukuman bui Ferdy Sambo, mari mengingat lagi rekayasa Agan Harahap yang diposting awal September 2022. Saat itu, kasus pembunuhan Brigadir Yosua baru saja terkuak ke publik setelah banyaknya teka-teki di baliknya.

Dalam foto yang diunggah Agan Harahap saat itu, dia seperti membuat 'ramalan' Sambo tua berpakaian tahanan oranye dan terlihat keriput di bagian wajahnya. Jika benar terjadi seperti tuntutan bui seumur hidup yang dilontarkan jaksa, maka penampakan Sambo berikutnya benar seperti imajinasi sang seniman asal Yogyakarta tersebut.

Dia membuat versi tua dari Ferdy Sambo dengan wajah yang keriput, rambut putih, dan lebih kurus dari tampilannya saat ini.

Agan Harahap membuat foto Sambo 30 tahun kemudian ini setelah penayangan siaran langsung rekonstruksi kejadian pembunuhan dan laporan Komnas HAM tempo hari.

Dalam keterangan foto itu, kata ganti 'saya' yang dipakai oleh Agan Harahap adalah personifikasi dirinya seperti seorang jurnalis.

Agan membuat seolah-olah dirinya adalah jurnalis yang sedang memotret kawasan rutan dan terlihat kakek tua yang kerap meracau tentang harkat martabatnya berulang kali. Bahkan ia menyebut laki-laki tua itu mengidap gangguan jiwa.

Ini bukan pertama kalinya Agan Harahap membuat rekayasa Ferdy Sambo. Pada 9 Agustus 2022, ia mengunggah foto remaja Sambo yang berpakaian SMA dengan potongan rambut plontos dan tampak senyum tipis dalam foto tersebut.

Uniknya, Agan hanya menyelipkan satu kalimat yakni 'Saya selaku ciptaan Tuhan menyampaikan permohonan maaf.' Penggalan kalimat itu adalah ucapan sang jenderal saat pertama kali diperiksa di Mabes Polri dan perdana di hadapan publik.

Tonton Video: Putri Candrawathi Dituntut 8 Tahun Bui, Ini Hal yang Memberatkan

[Gambas:Video 20detik]




(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT