Fakta di Balik Heboh Lukisan Mona Lisa Disebut Dicuri

ADVERTISEMENT

Fakta di Balik Heboh Lukisan Mona Lisa Disebut Dicuri

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 13 Jan 2023 15:05 WIB
PARIS, FRANCE - MAY 19: Visitors observe the painting La Joconde The Mona Lisa by Italian artist Leonardo Da Vinci on display in a gallery at Louvre on May 19, 2021 in Paris, France. The country is taking steps to ease the lockdown measures that President Emmanuel Macron announced on April 29, allowing all the museums and non-essential shops and cultural venues to open and rolling back the curfew to 9pm. The cafe and restaurant terraces can also open to 50% capacity. France is reporting a seven-day average of around 14,000 new Covid-19 cases. (Photo by Marc Piasecki/Getty Images)
Foto: Getty Images/Marc Piasecki
Jakarta -

Postingan seorang netizen di platform TikTok tentang lukisan Mona Lisa menjadi viral. Akun pengguna bernama @narvanator mengunggah video yang menyebutkan mahakarya dari Leonardo da Vinci itu dicuri. Loh, benarkah?

Dalam videonya, pria itu menunjukkan serangkaian mobil polisi yang melewati Arc de Triomphe.

"POV: Anda berada di Paris ketika Mona Lisa telah dicuri," bunyi teks dalam video tersebut, Jumat (13/1/2023).

Video yang diposting empat hari yang lalu itu diputar lebih dari 9 juta kali dan disukai 1,9 juta pengguna. Akun @narvanator itu menggandakan video leluconnya dengan mengunjungi Louvre bersama teman-temannya.

"Dia pergi. Mona Lisa hilang. Kami berbicara dengan staf di sana, dan mereka tidak bisa mengatakan apa-apa," sambungnya.

Tapi Mona Lisa yang sebenarnya tidak hilang. Karya maestro Leonardo da Vinci itu tetap berada di Louvre atau 'rumah' bagi Mona Lisa sejak lama.

Lukisan Mona Lisa memang pernah dicuri, tapi itu terjadi di tahun 1911. Ketika Vincenzo Peruggia seorang pria yang berprofesi sebagai tukang asal Italia bekerja sama dengan dua orang lainnya berencana untuk mencuri lukisan itu dan kembali ke negara asalnya.

Dia sempat menjualnya ke seorang art dealer Florentine tapi gagal terjadi transaksi. Gara-gara aksi tersebut, dia dipenjara selama 6 bulan lamanya.

Selama beberapa tahun terakhir, lukisan Mona Lisa kerap diserang beberapa kali. Tahun lalu, sebuah kue dioleskan di atas permukaan lukisan.

Ada juga video di TikTok yang meniru Vincenzo Peruggia telah menyerang, membawa lukisan terbang ke Italia. Seorang pengguna TikTok itu berdiri di Air Mancur Trevi di Roma, berpura-pura menjadi kolektor yang menerima telepon dari art dealer yang menjual Mona Lisa.

Setelah videonya viral, akun @narvanator memposting video TikTok lainnya lalu judulnya dicoret MONA LISA DAPAT DICURI!. Duh, ada-ada saja tingkah akun @narvanator ya!



Simak Video "Penampakan Lukisan Mona Lisa Usai Dilempari Kue oleh Aktivis"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT