5 Fakta Leonardo da Vinci, Seniman Renaisans 'Termahal' di Dunia

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 22 Apr 2022 15:30 WIB
Sketsa Leonardo da Vinci
Sketsa Leonardo da Vinci yang tersebar di dunia maya. Berikut 5 fakta soal Leonardo da Vinci dan karya-karyanya, seperti dirangkum redaksi detikcom: Foto: Getty Images
Jakarta -

April menjadi bulannya Leonardo da Vinci. Pria kelahiran 15 April 1452 yang bernama lengkap Leonardo di ser Piero da Vinci dikenal sebagai seniman era Renaisans yang mendunia.

Tak hanya namanya yang melambung tinggi saja. Namun berkat lukisan-lukisan fenomenalnya, nama Leonardo da Vinci didaulat sebagai pelukis terkaya.

Berikut 5 fakta soal Leonardo da Vinci dan karya-karyanya, seperti dirangkum detikcom:

1. 15 Karya Bertahan

Leonardo da Vinci dikenal sebagai pelukis, pemahat, pematung, arsitek, penemu, sekaligus filsuf asal Italia yang hidup di era Renaisans. Dia juga disebut sebagai pelopor ilmu Paleontologi, ichnologi, dan juga seniman terhebat sepanjang sejarah.

Dalam berbagai literatur, disebutkan hanya sekitar 15 karya yang masih bertahan dan berkualitas baik sampai sekarang ini. Salah satunya lukisan Mona Lisa yang berada di Museum Louvre Prancis.

The Last Supper adalah salah satu karya fenomenal lainnya. Gambar ciptaan lainnya yakni Vitruvian Man juga sering dianggap sebagai ikon budaya.

2. Kontroversi Salvator Mundi

Lukisan Salvator Mundi atau Penyelamat Dunia menjadi satu-satunya karya Leonardo da Vinci yang menuai kontroversi sekaligus paling banyak dibicarakan. Karyanya laku terjual di balai lelang senilai Rp 6,5 triliun dan didaulat sebagai lukisan termahal di dunia.

Sejak berita pelelangan yang fenomenal itu beredar, keberadaan Salvator Mundi dipertanyakan. Kabarnya ada di atas kapal pesiar milik Pangeran Arab Mohammed bin Salman.

Lukisan Salvator Mundi sejak kemunculannya pun selalu diwarnai kontroversialnya. Karyanya sempat diragukan dilukis oleh Leonardo da Vinci sampai diteliti oleh berbagai ilmuwan dan ahli seni hingga kabar menghilangnya lukisan yang membuat geger.

Tadinya Salvator Mundi bakal dipajang di Museum Louvre Abu Dhabi pada November 2018 lalu.

(Baca halaman berikutnya)



Simak Video "Yogya Selatan Episentrum Pesta & Pergaulan"
[Gambas:Video 20detik]