Misteri Lukisan Termahal Leonardo Da Vinci Dijadikan Film Dokumenter

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 13 Agu 2021 14:05 WIB
Film Dokumenter The Lost Leonardo
Film dokumenter The Lost Leonardo tentang perjalanan berliku lukusan termahal di dunia, Salvator Mundi Foto: The Lost Leonardo/ Istimewa
Jakarta -

Perjalanan penuh liku dari Salvator Mundi karya Leonardo Da Vinci kini diadaptasi ke dalam film dokumenter. Sebuah dokumenter berjudul The Lost Leonardo mengungkap perjalanan lukisan termahal di dunia yang terjual Rp 6,5 triliun.

The Lost Leonardo menceritakan penemuan kembali lukisan Leonardo da Vinci. Perjalanan internasional melintasi benua itu menjadi lompatan yang membingungkan.

Pada 2005, Salvator Mundi tercatat pernah dijual senilai Rp 16,9 juta. Delapan tahun berikutnya, di balai lelang London dan Jenewa, lukisannya terjual naik menjadi Rp 1,1 triliun lalu naik hingga Rp 1,8 triliun.

Di 2017, lukisan Salvator Mundi mencapai angka Rp 6,5 triliun. Sejak pertama kali muncul dikenal publik, lukisannya diselimuti oleh misteri dan intrik.

Lukisan itu menampilkan penggambaran Yesus Kristus yang tangan kanannya mengangkat tangan dengan membentuk dua jari dan tangan kiri memegang bola kristal. Salvator Mundi pernah dipulihkan dan dirayakansebagai karya asli dari ahli master Renaisans yang lama menghilang.

The Lost Leonardo dirilis oleh Sony Pictures Classics di bioskop Amerika pekan ini.

Film Dokumenter The Lost LeonardoPoster Film Dokumenter The Lost Leonardo Foto: The Lost Leonardo/ Istimewa

Sutradara Andreas Koefoed asal Denmark mengatakan kemunculan lukisan Salvator Mundi semacam dongeng kelam, lengkap dengan pangeran, serta harta karun yang hilang.

"Di atas segalanya, ia (lukisan Leonardo da Vinci) menjadi potret dunia seni saat karya agung menjadi modal global," ucapnya dilansir dari berbagai sumber, Jumat (13/8/2021).

"Anda bisa memiliki gagasan romantis tentang seni sebagai sesuatu yang murni tapi ketika bertemu dengan dunia kapital yang sini, lukisan itu menjadi koktail yang eksplosif," sambungnya.

Dalam pasar seni tempat lelang lukisan, tidak ada yang tahu siapa yang membeli dan menjual karya tersebut. Termasuk ketika Salvator Mundi terjual Rp 6,5 triliun, pembelinya dirahasiakan oleh balai lelang.

Balai Lelang Christie's melaporkan Salvator Mundi menjadi lukisan termahal di dunia dan diduga dibeli oleh penguasa Arab Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Karya itu rencananya dipamerkan di Museum Louvre Abu Dhabi, namun absen dipamerkan.

Di tahun yang sama saat menjadi pemberitaan, lukisan itu menghilang dan tak terdengar kabarnya lagi sampai sekarang.



Simak Video "Lukisan Mona Lisa Karya Leonardo Da Vinci Kini Ada di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)