DetikHot

art

2 Tahun Menghilang, Mengapa Lukisan Termahal di Dunia Ada di Kapal Pesiar?

Kamis, 13 Jun 2019 10:45 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
2 Tahun Menghilang, Mengapa Lukisan Termahal di Dunia Ada di Kapal Pesiar? Foto: AFP/ Getty Images
Jakarta -

Misteri lukisan termahal di dunia 'Salvator Mundi' akhirnya terungkap berada di atas kapal pesiar milik Pangeran Arab. Dua tahun menghilang sejak terjual di Balai Lelang Christie senilai Rp 6,5 triliun, mengapa akhirnya berada di atas kapal pesiar?

Keberadaan di atas kapal pesiar milik Pangeran Arab Mohammed bin Salman ada banyak spekulasi. Ada yang mengatakan untuk mengurangi kontroversi nama sang pangeran yang sebelumnya terkait dengan kasus pembunuhan jurnalis Turki, Jamal Khashoggi.

Namun banyak juga yang berspekulasi hanya akal-akalan dari pihak Pangeran Arab sebelum benar diperlihatkan pada publik. Ben Lewis, penulis dari buku 'The Last Leonardo: The Secrets Life of the World's Most Expensive Painting' mengemukakan hal yang berbeda.


"Saya tidak yakin lukisan 'Salvator Mundi' ada di atas kapal pesiar," ujarnya dilansir dari The Daily Beast, Kamis (13/6/2019).

"Saya berpikir lukisannya ada di Swiss. Sebelumnya seorang art dealer Swiss bernama Yves Bouvier mengatakan pernah melihatnya ada di Swiss pada Desember 2018 lalu," lanjutnya lagi.

Sebelumnya kabar mengenai keberadaan 'Salvator Mundi' yang ada di atas kapal pesiar di Laut Merah terungkap dari pengakuan art dealer Kenny Schatcher. Menurutnya, setelah berhasil dibeli di NY dua tahun lalu, lukisannya langsung diterbangkan memakai pesawat pribadi milik Pangeran Arab.


Kemudian disimpan di atas kapal pesiar bernama, Serene. Kapal pesiar tersebut pun tak biasa, karena sebelumnya pernah digunakan untuk properti film 'James Bond', dimiliki oleh miliarder Rusia Yuri Shefler hingga disewa Bill Gates selama seminggu dengan harga U$ 5 juta.

Lukisan 'Salvator Mundi' sejak kemunculannya pun selalu diwarnai kontroversialnya. Karyanya sempat diragukan dilukis oleh Leonardo da Vinci sampai diteliti oleh berbagai ilmuwan dan ahli seni hingga kabar menghilangnya lukisan yang membuat geger. Tadinya 'Salvator Mundi' bakal dipajang di Museum Louvre Abu Dhabi pada November 2018 lalu.



(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed