15 Lukisan Seniman Yogyakarta Iqi Qoror Mejeng di Los Angeles

ADVERTISEMENT

15 Lukisan Seniman Yogyakarta Iqi Qoror Mejeng di Los Angeles

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 11 Nov 2022 14:03 WIB
Pameran Tunggal Iqi Qoror di Los Angeles
Seniman asal Yogyakarta Iqi Qoror menggelar pameran tunggal di ArtPlex Gallery, Los Angeles, AS. Foto: Dok. Konjen RI Los Angeles
Jakarta -

Pelukis asal Yogyakarta, Islahul Qoror, atau akrab dipanggil dengan nama Iqi Qoror memboyong belasan lukisannya ke ArtPlex Gallery, Los Angeles, AS. Namanya menambah deretan seniman Indonesia yang mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Di ArtPlex Gallery, Los Angeles, Iqi Qoror menggelar pameran tunggal yang berjudul 'Perception in a Tow'. Karya-karyanya menampilkan gaya dan teknik lukis dengan keunikan tersendiri yaitu memiliki objek lukisan tanpa wajah.

Iqi Qoror menuturkan melukis tanpa wajah memang sudah menjadi ciri khasnya sejak lama. Dia ingin melihat pengunjung agar melihat lebih dalam lagi arti sebuah lukisan tanpa terpengaruh oleh ekspresi wajah.

"Ekspresi adalah hal pertama yang dilihat dan dinilai oleh seseorang, kadang tanpa melihat ekspresi kita dapat menilai lebih dalam akan sebuah situasi," ungkapnya dalam keteranganb yang diterima detikcom.

Melalui pesan itulah, Iqi Qoror ingin mengangkat hal tersebut ke dalam lukisannya. "Saya ingin melihat suatu peristiwa secara lengkap," katanya.

Konjen RI Los Angeles, Saud P Krisnawan yang hadir saat pembukaan pameran tunggal sang seniman mengungkapkan rasa bangganya terhadap karya seniman Indonesia ada di negeri Paman Sam.

"Bakat seni Indonesia sudah ada sejak zaman nenek moyang kita, terbukti dari kayanya budaya Indonesia, termasuk seni lukis Indonesia dan dengan hadirnya pameran tunggal Iqi di ArtPlex Gallery," katanya.

Melalui karya seni Indonesia yang dipamerkan di Los Angeles, dia berharap seniman lainnya bisa terbuka jalannya untuk berkiprah di AS.

Pemilik ArtPlex Gallery, Claudia Deutsch, mengatakan ini adalah pameran tunggal perdana Iqi Qoror di AS. "karya-karya Iqi cukup diminati oleh kolektor seni di Los Angeles bahkan menyebutkan seorang bintang layar lebar Hollywood telah menjadi kolektor karya-karya Iqi," tukasnya.



Simak Video "Keren! 3 Seniman Video Mapping Indonesia Lolos Tokyo Light Festival"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT