Aktivis Pelempar Sup Tomat ke Karya Van Gogh: Kami Lakukan agar Disorot Media

ADVERTISEMENT

Aktivis Pelempar Sup Tomat ke Karya Van Gogh: Kami Lakukan agar Disorot Media

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 20 Okt 2022 16:09 WIB
Lukisan Van Gogh di London Dilempar Kaleng Sup Tomat
Foto: APA/AFP via Getty Images/HERBERT NEUBAUER
Jakarta -

Dua pekan lalu, dua orang perempuan yang mengaku sebagai aktivis dari kelompok Just Stop Oil menjadi pemberitaan utama di dunia. Mereka melakukan aksi vandalisme dengan melemparkan dua kaleng sup tomat Heinz ke lukisan Sunflower karya Vincent van Gogh di Galeri Nasional London.

Tak ayal, aksi mereka menjadi perhatian dunia seni internasional. Setelah kejadian tersebut, keduanya langsung ditangkap kepolisian setempat namun kini telah dibebaskan.

Salah satu perempuan yang mengaku sebagai aktivis iklim menjelaskan alasannya melakukan aksi tersebut, dalam pernyataan di TikTok dan Twitter. Videonya telah ditonton jutaan orang.

"Saya ingin memperjelas satu hal, kami tidak merusak lukisan itu sama sekali," tegas Phoebe Plummer, seperti dilansir dari berbagai sumber, Kamis (20/10/2022).

Phoebe Plummer tak sendirian, dia melakukan aksi tersebut bersama dengan Anna Holland. Mereka melemparkan sup tomat ke atas permukaan lukisan Vincent van Gogh lalu menempelkan tangan mereka ke dinding galeri pada 14 Oktober 2022.

Dalam video tersebut, Phoebe Plummer juga memberitahu publik kalau protes itu tampak seperti tindakan konyol. Tapi itu adalah tindakan yang nyata.

"Apa yang kami lakukan adalah memulai percakapan sehingga kami dapat mengajukan pertanyaan yang penting," sambungnya lagi.

Mereka mengajukan beberapa isu ke publik saat melakukan aksi vandal tersebut. Termasuk lisensi bahan bakar fosil yang diberikan izin PM Inggris Liz Truss, jumlah subsidi yang diterima bahan bakar fosil ketimbang dengan energi terbarukan, dan kris kelaparan yang melanda Inggris saat ini.

"Kami melakukan ini agar mendapatkan perhatian media, agar orang-orang membicarakan hal ini sekarang. Kami tahu perlawanan sipil berhasil, sejarah telah menunjukkan kepada kami cara ini berhasil," lanjutnya.

"Saya berdiri di sini sebagai wanita queer dan alasan saya bisa memilih, kuliah, dan semoga suatu hari nanti menikah dengan orang yang saya cintai adalah karena orang-orang telah melakukan perlawanan sipil sebelum saya," tukas Phoebe Plummer.

Video mereka di TikTok saat melempar sup tomat ke lukisan Van Gogh telah ditonton sebanyak 1,7 juta kali dan di Twitter 7.1 juta kali sejak diposting.



Simak Video "Lukisan Van Gogh Hilang di Museum Belanda"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT