Hiks.. Lukisan Sunflower Van Gogh di London Dilempar Sup Tomat

ADVERTISEMENT

Hiks.. Lukisan Sunflower Van Gogh di London Dilempar Sup Tomat

Tia Agnes Astuti - detikHot
Minggu, 16 Okt 2022 08:05 WIB
Lukisan Van Gogh di London Dilempar Kaleng Sup Tomat
Foto: APA/AFP via Getty Images/HERBERT NEUBAUER
Jakarta -

Lukisan modern yang ada di museum-museum kenamaan dunia, kerap menjadi sasaran vandalisme dari kelompok tertentu. Kini lukisan Sunflower karya Vincent van Gogh yang berada di Galeri Nasional London dilemparkan sup.

Kelompok pengunjuk rasa yang menamakan dirinya sebagai Just Stop Oil memprotes ekstraksi bahan bakar fosil. Mereka ingin pemerintah Inggris menghentikan proyek minyak dan gas baru.

Para aktivis itu membuang dua kaleng sup tomat ke atas lukisan cat minyak tersebut. Tumpahan sup tomat pun menempel di beberapa bagian permukaan, namun tidak menyebabkan kerusakan yang parah karena adanya lapisan pelindung kaca.

Setelah aksi tersebut, kedua pengunjuk rasa menempelkan tangan mereka ke dinding galeri dengan lem.

Dalam video viral yang tersebar di jagat maya, mereka berteriak lantang sambil menyerukan, "Apa yang paling berharga? Seni atau bumi? Apakah itu lebih berharga dari keadilan? Apakah Anda lebih peduli tentang perlindungan lukisan atau perlindungan planet dan orang-orang kita".

Mereka juga merujuk pada permasalahan biaya hidup dan jutaan keluarga di Inggris kelaparan dan merasa kedinginan. Bahkan tidak mampu untuk memanaskan sekaleng sup tomat.

Galeri Nasional London mengatakan aksi para pengunjuk rasa memang mengejutkan, tapi tidak ada kerusakan yang parah.

"Ada kerusakan kecil pada bingkai tapi lukisan itu tidak rusak," tegas perwakilan Galeri Nasional London, seperti dilansir dari AP, Minggu (16/10/2022).

Lukisan Van Gogh pun telah dibersihkan dan dikembalikan ke ruang galeri seperti sedia kala pada Jumat sore (14/10).

Lukisan Sunflower merupakan salah satu dari beberapa versi Sunflower yang dilukis sang maestro di akhir dekade 1880-an. Karya yang dipajang di Galeri Nasional London adalah salah satu dari 7 lukisan yang pernah dibuat Vincent Van Gogh.

Lima karya di antaranya dipajang di galeri dan museum di penjuru dunia. Van Gogh menciptakannya untuk mendekorasi rumahnya di Arles, Prancis, sebelum kunjungan temannya, Paul Gauguin.

Setelah aksi tersebut, kepolisian metropolitan London mengatakan petugas menangkap dua orang atas dugaan kerusakan kriminal dan pelanggaran berat.



Simak Video "Lukisan Van Gogh Hilang di Museum Belanda"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT