ADVERTISEMENT

Langka Banget! Potret Vincent Van Gogh Ditemukan di Balik Lukisan

Tia Agnes Astuti - detikHot
Senin, 18 Jul 2022 19:03 WIB
Langka Banget! Potret Vincent Van Gogh Ditemukan di Balik Lukisan
Foto: Istimewa
Jakarta -

Vincent van Gogh dikenal sebagai pelukis pascaimpresionis Belanda yang paling berpengaruh sepanjang sejarah seni di Barat. Salah satu lukisannya kini terungkap ada potret diri sang seniman.

Galeri Nasional Skotlandia mengumumkan potret diri Van Gogh ditemukan di balik lukisan seniman lainnya. Potret itu berada di bagian belakang lukisan 'Head of a Peasant Woman' ketika para ahli mencoba untuk menelitinya.

Para ahli seni mengambil sinar-X kepada kanvas sebelum dibukanya pameran yang akan datang. Karya itu disembunyikan selama lebih dari satu abad, yang dilapisi oleh lapisan lem dan karton ketika dibingkai awal abad ke-20.

Di masanya, Van Gogh dikenal kerap melukis melalui balik kanvas dan sisi lainnya untuk menghemat uang.

Dilansir dari berbagai sumber, potret itu menunjukkan seorang pengasuh berjanggut dengan topi bertepi. Para ahli mengatakan subyek itu langsung dikenal sebagai potret sang seniman, dan diduga berasal dari periode karya awalnya.

Telinga kiri dalam sosok di lukisan adalah milik Van Gogh ketika dia memotongnya pada 1888.

Kurator senior di Galeri Nasional Skotlandia, Frances Fowle, mengatakan penemuan itu mengejutkan dan tak terduga sebelumnya. "Ini adalah momen langka," katanya.

"Kami telah menemukan sebuah karya yang tidak diketahui oleh Vincent van Gogh, salah satu seniman paling penting dan terpopuler di dunia," sambungnya lagi.

Setelah menemukan potret diri dari Vincent van Gogh, pihak galeri mengatakan sedang mengevaluasi hal lainnya yakni menghilangkan lem dan kardus tanpa merusak permukaan kanvas lukisan.

Penemuan langka ini bakal dipamerkan di pameran seni impresionisme A Taste for Impressionism yang berlangsung di Royal Scottish Academy di Edinburg. Eksibisi digelar pada 30 Juli sampai 13 November 2022.



Simak Video "SBY Pamer Lukisan Grand Canyon Arizona AS Berukuran Jumbo"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT