Terungkap! Lukisan Pensil Pria Tua Diidentifikasi Sebagai Karya Vincent van Gogh

Tia Agnes - detikHot
Senin, 20 Sep 2021 14:03 WIB
Lukisan Vincent van Gogh
Lukisan pria tua diidentifikasi sebagai karya Vincent van Gogh Foto: Getty Images
Jakarta -

Nama Vincent van Gogh dikenal sebagai tokoh paling bersejarah dalam dunia seni Barat. Lukisan realisme dan pasca-impresionisme karyanya menjadi terpopuler dan paling diburu oleh kolektor dunia.

Sebuah lukisan yang dibuat dari pensil kini diidentifikasi sebagai karya seni sang maestro.

Museum Van Gogh di Amsterdam, Belanda, telah mengautentifikasi lukisan pria tua itu sebagai karya Van Gogh. Peneliti senior di museum, Teio Meedendorp mengatakan itu adalah penemuan spektakuler yang menyinari awal karier Van Gogh sebagai seorang seniman.

"Lukisan-lukisan periode Van Gogh selanjutnya yang terkenal saat dia tinggal di Paris atau Prancis selatan," ucap Teio Meedendorp dilansir dari berbagai sumber, Senin (20/9/2021).

Lukisannya mirip dengan salah satu subyek yang dihormati lainnya yang disebut dengan Worn Out. Van Gogh pernah membuat riset yang sama dan kini berjudul Study for Worn Out.

Lukisan pria tua itu digambar akhir tahun 1882 ketika Van Gogh berusia 29 tahun dan dua tahun di awal kariernya sebagai seniman. Dia menggambar sebanyak mungkin studi tentang orang bahkan kerap membuat gambar tentang obyek yang ada di sekitar tempat tinggalnya.

Dalam keterangan lukisan pensil Van Gogh, ia menuliskan model pria tua itu sebagai pria yatim piatu.

Uniknya, lukisannya itu menggunakan pensil tebal yang berasal dari tukang kayu di dekat kawasan tempat tinggalnya. Ia menggambarnya di atas kertas cat air dengan goresan kasar.

Lembaran itu hanya berukuran 48,8 cm x 30 cm serta menyelesaikan lukisannya dengan menggosokkan butiran roti di bagian yang lebih ringan. Lalu Van Gogh melapisinya dengan fiksatif yang terbuat dari susu dan air dan membuat goresan pensil lainnya yang lebih gelap.

Sebelum diautentifikasi, para ahli lukisan Van Gogh telah meriset tanggal lukisan tersebut dibuat sampai November 1882.

Pada saat itu, ia menyimpan ambisi untuk bekerja sebagai ilustrator majalah sampai bisa mendapatkan uang dengan caranya sendiri dan tidak bergantung kepada saudaranya.

Lukisan pria tua itu menjadi koleksi pribadi di Belanda sejak tahun 1910. Bagi para penggemar Vincent van Gogh bisa melihat karya tersebut di museum sampai 2 Januari 2022, setelah itu dikembalikan kepada kolektor.



Simak Video "Lukisan Van Gogh Hilang di Museum Belanda"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)