ADVERTISEMENT

Kenalin Nih, Hutan Kolektif Pertama di Dunia Lagi Buka Kompetisi Desain

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 30 Sep 2022 17:30 WIB
Perhutana
Foto: Istimewa
Jakarta -

Jatiwangi Art Factory sukses mengenalkan Hutan Kolektif pertama di dunia melalui Perusahaan Hutan Tana Raya atau disingkat Perhutana. Diluncurkan di documenta fifteen, Kassel, Jerman, dan di Purwakarta, kini Perhutana menyelenggarakan kompetisi desain hutan internasional.

Pandu Rahadian dari Jatiwangi Art Factory menyatakan kompetisi desain hutan Perhutana bertujuan mendapatkan alternatif ide, inovasi, saran, dan visi hutan koletif.

"Perhutana adalah aksi kolektif pertama di dunia sekaligus eksperimental dalam menumbuhkan hutan baru dengan metode kavling properti di area seluas 8 ha yang terletak di Jatiwangi, Majalengka, inisiasi awalnya dimotori oleh komunitas seni dan budaya Jatiwangi Art Factory," ungkapnya.

Kompetisi desain hutan Perhutana sudah dibuka mulai 28 September dan bakal ditutup pada 11 November 2022.

"Kompetisi ini terbuka bagi peserta umum dan profesional dengan skema grup," sambungnya.

Plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Dodit Ardian Pancapana, menuturkan apa yang sudah dilakukan oleh Perhutana bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain di Jawa Barat.

"Kompetisi desain hutan kolektif Perhutana merupakan bagian dari tahapan penumbuhan hutan, sederhananya tahapan tersebut diawali dari penyiapan lahan, perancangan hutan, dan selanjutnya proses penumbuhan hutan, dan pemfungsian hutan sebagai konservasi maupun ketahanan pangan," tegasnya.

Nantinya, hutan bakal ditumbuhkan dengan berbagai metode, di antaranya adalah metode penanaman Miyawaki. Di dalamnya ada tanaman pangan, pepohonanlokal untuk memulihkan kekayaan biodiversiti Majalengka.

Jatiwangi Art Factory dikenal sebagai kolektif seniman asal Majalengka, Purwakarta, yang mengunakan hasil sumber daya alam yang ada di daerahnya untuk membuat berbagai karya seni. Tahun lalu, mereka meluncurkan proyek besar bernama Perhutana digelar di dua tempat sekaligus.

Lokasi pertama yakni Jebor Hall, Jatiwangi Art Factory dan di Kassel, Jerman, dalam pameran seni rupa kontemporer terbesar di Eropa documenta fifteen.



Simak Video "Kiki Amalia Tak Undang Markus Horison di Pernikahan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT