Heboh Hacker Bjorka, Benarkah Orang Dalam?

ADVERTISEMENT

Heboh Hacker Bjorka, Benarkah Orang Dalam?

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 14 Sep 2022 14:24 WIB
Komik Bjorka Karya Gump n Hell
Komik Gump n Hell turut menyentil isu hacker Bjorka lewat unggahan terbarunya di Instagram. Foto: Courstey of Gump n Hell

Errik Irawan mengatakan berbagai cerita dalam panel komik yang dibuatnya sebenarnya berasal dari beragam teori di Twitter.

"Tentang hacker Bjorka itu kan kayak teori konspirasi yah. Sudah ada teori konspirasinya di Twitter sejak hari Jumat atau Sabtu pekan lalu. Gara-gara baca di Twitter, isunya sampai akhir pekan lalu juga masih ramai banget di Indonesia. Dari baca-baca itu, saya mengarang indah saja," ucap Errik ketika dihubungi detikcom, Rabu (14/9/2022).

Di jagat maya, teori konspirasi tentang Bjorka itu bertebaran. Seperti ada kemungkinan Bjorka adalah seorang mahasiswa, atau anak nongkrong yang biasa ada di warnet, atau Bjorka yang sebenarnya juga berasal dari isu dalam negeri.

Menurut penuturan Errik, dia hanya membuat cocokologi dan isi dalam panel komiknya mayoritas 'ngawur'.

"80 sampai 90 % ngawur kok," katanya sembari tertawa.

"Tapi tetap ada faktanya, kalau isu hacker Bjorka itu bersaing dengan isu BBM yang naik harga. Trending dan bersaing dengan Bjorka itu jelas banget selama beberapa hari. Tapi di Twitter lebih banyak orang yang bahas Bjorka ketimbang BBM naik atau kasus tentang Ferdy Sambo maupun remisi 10 orang koruptor yang pemberitaannya pun tenggelam," tegasnya.

Errik pun berharap isu-isu selain Bjorka tetap menjadi perhatian media dan masyarakat Indonesia. Pembahasan itu terbilang penting dibahas karena menyangkut rakyat kecil.

"Kalau sampai kasus Sambo aja tenggelam, bagaimana dengan isu lainnya. Itu kan jelas sudah berseliweran. Trus kemarin lembaga dan tokoh negara sampai merespons isu Bjorka. Jadi ada di tengah-tengah situasi ironi bangsa," tukasnya.

Ini bukan pertama kalinya Gump n Hell menyentil berbagai isu yang ada di Tanah Air. Tak hanya isu sosial, politik, dan terkini saja yang terjadi namun Errik juga sebelumnya juga mengkritik isu #percumalaporpolisi dan tentang Ferdy Sambo yang menguak fakta di dunia kepolisian.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "5 Hacker Berbahaya di Dunia, Siapa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]

(tia/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT