ADVERTISEMENT

Teater Keliling Tampilkan Cerita Rakyat Khas Bali ke Panggung Musikal

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 24 Agu 2022 19:35 WIB
Musikal Calon Arang
Teater Keliling pentaskan pertunjukan musikal Calon Arang. Foto: Dok. Bakti Budaya Djarum Foundation
Jakarta -

Teater Keliling sukses bertualang ke berbagai mancanegara mempersembahkan berbagai pertunjukan. Cerita rakyat khas Bali kali ini hadir dalam panggung Musikal Calon Arang yang dipentaskan di lima kota.

Ketua Yayasan Teater Keliling, Dolfry Inda Suri, mengatakan keberagaman budaya dan suka bangsa menjadi ide bagi Teater Keliling untuk menghadirkan panggung musikal tersebut.

"Teater Keliling ingin terus melanjutkan upaya dalam melestarikan cerita-cerita rakyat Indonesia. Melalui kreativitas, cerita rakyat akan disajikan dalam konsep pertunjukan 'broadway' yang modern namun tidak kehilangan sisi tradisionalnya sebagai bentuk bangga terhadap apa yang budaya kita miliki," kata Dolfry dalam keterangan yang diterima detikcom.

Dolfry melanjutkan, "Kami harap tentu para milenial dapat mengenal cerita-cerita rakyat ini sebagai kekayaan yang perlu diceritakan secara turun temurun. Agar cerita rakyat tidak punah."

Musikal Calon Arang menceritakan tentang hidup seorang dukun sakti nan keji di sebuah desa bernama Desa Girah. Dukun itu bernama Ki Rangda, sosok ibu yang menyayangi anaknya, Ratna Manggali.

Musikal Calon ArangMusikal Calon Arang Foto: Dok. Bakti Budaya Djarum Foundation

Ratna adalah sosok cantik 'yang terkutuk'. Ia tidak kunjung mendapat pendamping akibat ketakutan orang-orang terhadap sosok sang ibu yang menyeramkan. Bayang-bayang Ki Rangda, sang dukun sakti menjadi konflik utama dari kisah yang mempertemukan karakter demi karakter yang akan ditemui dalam pementasan ini.

Mampukah Ratna Manggali mendapatkan pendampingnya? Bagaimana akhir kisah Ki Rangda dan Calon Arang?

Melalui cerita rakyat khas Bali, Dolfry ingin kisah itu bisa mengingatkan kembali akan budaya Indonesia yang tak kalah dari negara luar.

"Cerita rakyat yang klasik dengan ciri khas daerah masing-masing yang begitu unik," pungkasnya.

Teater Keliling berdiri sejak 13 Februari 1974. Selama 47 tahun terus berkeliling dari Sabang sampai Merauke dan 11 negara di dunia dengan mementaskan lebih dari 1600 pertunjukan untuk terus menebarkan nilai-nilai kemanusiaan demi Indonesia yang lebih baik.

Calon musikal Calon Arang sebelumnya dipentaskan di Semarang, Malang, Blitar, Banyuwangi, dan Denpasar.



Simak Video "Pengalaman Pertama Julie Estelle Main Teater Live"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT