ADVERTISEMENT

Merdeka bagi Mereka

Suara Lantang Seniman Jalanan: Merdeka Gambar Bebas, Tanpa Intervensi

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 17 Agu 2022 11:01 WIB
HSC Forum, Pembuat Mural Tuhan Aku Lapar
HSC Forum, pembuat mural Tuhan Aku Lapar di Tangerang, yang pertengahan lalu memicu kontroversial nasional.Foto: HSC Forum/ Pribadi
Jakarta -

Maraknya isu penghapusan mural dan represif terhadap seniman jalanan pertengahan tahun lalu masih menyisakan duka. Para seniman yang bergerak di bidang street art dan mural kerap menggambar di tembok tak bertuan.

Aksi mereka dianggap sebagai sebuah vandalisme dan membuat kotor kota. Padahal tembok tak bertuan itulah kanvas dan 'hasrat' mereka.

Menelisik setahun ke belakang, para pembaca detikcom apakah ingat dengan mural 'Tuhan Aku Lapar' yang memicu rentetan peristiwa penghapusan mural di kota-kota besar Indonesia?

Pembuatnya adalah kolektif seniman Halfway Street Connection atau disingkat HSC Forum. Mereka adalah komunitas yang menjadi wadah bagi pelaku seni di Tangerang dalam berkarya.

Di momen HUT ke-77 RI, perwakilan HSC Forum, Ohaiyoh, mengatakan makna 'merdeka' yang sebenarnya bagi para seniman adalah bisa menggambar bebas.

"Merdeka menurutku bisa gambar bebas, tanpa ada intervensi dari apapun, dari apapun, dan dari siapapun," tegas Ohaiyoh ketika diwawancarai detikcom.

Pria yang juga bergelut di bidang mural sampai menjadikannya sebagai profesi profesional itu mengatakan di masa sekarang kemerdekaan untuk berkarya sudah berjalan seharusnya.

"Tidak seperti 10 atau 15 tahun yang lalu, orang Indonesia belum mengerti atau melek apa itu mural, apa itu street art. Tapi makin ke sini, bidang ini bisa digeluti dan menjadi pekerjaan profesional, seperti yang terjadi kepada saya," katanya.

Ohaiyoh menceritakan setelah peristiwa fenomenal tahun lalu, ia merasakan ada perbedaan terkini ketika menggambar di jalanan. Menurut penuturannya, kala itu momennya tidak pas.

"Lebih ke momennya gitu, kayaknya memang momennya kurang pas, dan konteksnya jadi lebih kontroversial. Maksud kita A tapi sampai ke masyarakatnya B, tapi lebih mengapresiasi karena dianggap ada," katanya.

Menurut Ohaiyoh pula, kemerdekaan kini bisa lebih bebas untuk mengekspresikan dalam berkarya.

HSC Forum sebagai forum para seniman di Tangerang berdiri sejak Juni 2017. Setelah membuat karya, HSC Forum kerap mengunggah karya-karyanya di akun Instagram resminya @hsc_forum. Akun itu sudah memiliki sekitar lebih dari 1.700 pengikut.

Sebagai informasi, Indonesia kembali merayakan hari kemerdekaannya. Di tahun ini, Indonesia memasuki usia ke-77 tahun. Bagi Indonesia 77 tahun yang lalu, merdeka berarti terbebas dari penjajahan. Namun di masa kini, merdeka tentu memiliki makna tersendiri bagi masing-masing orang.

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, detikcom menginisiasi kampanye 'Merdeka Bagi Mereka'. Di kampanye ini akan ada kumpulan kisah inspiratif tentang arti 'Merdeka Bagi Mereka' dari berbagai figur dan perspektif.

Simak terus kampanye 'Merdeka Bagi Mereka' mulai 17 Agustus 2022 di Sini!



Simak Video "Arti Kemerdekaan Bagi Traveler? "Mau Liburan Tanpa Masker""
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT