ADVERTISEMENT

Cerita Muklay Bikin 2 Mural di Los Angeles

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 09 Agu 2022 17:46 WIB
Mural Muchlis Fachri atau Muklay di Los Angeles
Muklay membuat dua mural di jalanan kota Los Angeles, AS. Foto: Muchlis Fachri/ Instagram
Jakarta -

Seniman visual Muchlis Fachri atau lebih dikenal dengan nama Muklay tengah berada di Amerika Serikat sejak awal bulan ini. Jelang peluncuran kolaborasi dengan 3Second di tiga kota AS, Muklay membuat dua mural di jalanan kota Los Angeles. Bagaimana ceritanya?

Kepada detikcom, Muklay mengatakan satu buah mural dibuatnya sebagai kolaborasi bersama komunitas grafiti, Secret Walls.

"Hari pertama di Los Angeles hubungi Secret Walls, mau bikin mural, disediakan tembok dan didukung Pilox, bawa nama 3Second juga. Tapi itu black and white, gue mau bikin yang colourful. Basicly memang karya-karya gue selalu berwarna," kata Muklay.

Muklay pun pergi ke downtown Los Angeles dan mencari area yang bisa digambar. Di downtown Los Angeles, ada satu kawasan yang merupakan lahan parkir di rooftop dan ada banyak karya mural para seniman.

"Gue minta izin bos parkiran, lokasi itu juga eks festival grafiti terbesar di Los Angeles. Banyak seniman grafiti besar yang bikin mural di situ, di sekeliling karya gue juga banyak mural yang permanen," sambung Muklay.

Mural Muchlis Fachri atau Muklay di Los AngelesMural Muchlis Fachri atau Muklay buat mural di Los Angeles Foto: Muchlis Fachri/ Instagram

Mural Muklay kedualah yang membuat namanya makin dibicarakan di Indonesia. Jagat maya khususnya seniman di Tanah Air membicarakan tentang mural tersebut.

Mural kedua Muklay tersebut menampilkan karakter terbaru yang ceria dan penuh warna diciptakan seniman asal Jakarta tersebut. Karakternya terinspirasi usai kelahiran putri semata wayangnya.

"Dari gue yang cuma style aja, sekarang hadirkan karakter itu," kata Muklay.

Tak disangka, mural-mural yang dibuat Muklay mampu diapresiasi. "Banyak yang apresiasi dan datang untuk melihat. Secara lokasi juga strategis, banyak orang lalu lalang, naek-turun. Kan area parkiran di rooftop bangunan. Jadi maksud gue, belum tentu bisa ke sini lagi, dikasih kesempatan (berkarya), gue mencoba meninggalkan jejak," ungkapnya.

Muklay dikenal sebagai seniman visual yang memiliki ciri khas gaya yang penuh warna terang. Karakter eksentrik dari karya-karyanya sudah dikenal para pencinta melalui berbagai pameran seni dan kolaborasi bersama brand-brand kenamaan salah satunya Coach yang merilis tas dan sepatu bergaya Muklay.

Baru-baru ini, Muklay baru saja menggelar pameran solo di Superduper Gallery, Manila, Filipina.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Kronologi Penangkapan Penyanyi Korsel Don Spike Terkait Narkoba"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT