Muklay, Seniman Visual yang Hidup dari Seni

Pingkan Anggraini - detikHot
Sabtu, 22 Des 2018 21:59 WIB
Foto: Pingkan/detikHOT
Jakarta - Kiprah Muklay di dunia seni kian dikenal oleh publik umum. Seniman visual asal Jakarta mengartikan seni sebagai sebuah kehidupan baginya.

Muklay mulai menggoreskan karya seni yang ia buat sejak duduk di bangku SMA. Laki-laki dengan nama lengkap Muchlis Fachry ini mendalami arti seni sejak memulai statusnya sebagai mahasiswa pada 2010.

"Sebenarnya dari tahun 2010 setelah gue masuk kuliah, cuma gue gambar dari SMA, oh dari kecil bahkan. Pas gue masuk kuliah, gue jadi mengenal banyak seni gitu, banyak lintas seni dan gua cobain satu-satu," ujar Muklay pada detikHOT di acara 'Bincang Shopee Edisi Jakcloth YES 2018', Sabtu (22/12/2018).

Awal mula Muklay mempelajari seni bukan hanya karya seni visual saja. Tapi seni patung, grafis sampai sablon juga ia pelajari.

"Jadi dari mulai perfomance art, bikin patung, bikin grafis, sablon, gue pernah juga bikin clothing. Semuanya gue coba cuma ya sudah endingnya ya di sini gitu, di fashion ini gitu," lanjut Muklay.

Seni kini menjadi hal yang sangat berkaitan bagi kehidupan laki-laki yang telah menyandang gelar sarjana Seni Rupa di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tersebut.

Lewat karya dan ide kreativitas miliknya, kini Muklay sudah berkolaborasi dengan brand pakaian terkenal. Bahkan sampai berkolaborasi dengan salah satu grup vokal dari Indonesia, RAN.

"Pribadi ya. Mungkin sampai sekarang gue kolaborasi sama Uniql dan tahun depan Insyaallah mungkin bakalan jadi pencapaian terbesar gue juga, gue bakalan kolaborasi sama satu klub bola asal Perancis," ujar Muklay.

Hal tersebut merupakan suatu pencapaian terbesar bagi Muklay dalam berkarier di dunia industri seni.


(tia/nu2)