ADVERTISEMENT

Art Jakarta Kembali Digelar Akhir Agustus, Diikuti 62 Galeri Seni

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 05 Agu 2022 10:59 WIB
Art Jakarta 2022
Art Jakarta 2022 digelar akhir Agustus. Foto: Courtesy of Art Jakarta
Jakarta -

Pekan seni rupa internasional kembali hadir. Sukses dengan Art Jakarta Virtual, Art Jakarta kembali hadir di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, pada 26-28 Agustus 2022.

Art Jakarta menghadirkan 62 galeri seni, sebanyak 39 galeri berasal dari Indonesia dan 23 lainnya dari mancanegara (Asia Tenggara, Taiwan, Korea Selatan, dan Jepang). Segmen ini mempersembahkan galeri seni muda dan baru yang belum pernah mengikuti Art Jakarta sebelumnya.

Art Jakarta Spot menghadirkan presentasi istimewa dari 15 karya seni yang telah terseleksi dan dipamerkan di area publik sepanjang penyelenggaraan. Ketujuh karya seni instalasi dalam Art Jakarta Spot di antaranya adalah Breathe karya Bagus Pandega, Casting Spells for the Movement karya Nadiah Bamadhaj, Gender Artefact 2nd karya Ninindityo Purnomo hingga Political Clowns karya Heri Dono.

Dalam jumpa pers yang digelar kemarin, Art Jakarta juga memamerkan Bali Art Scene sebagai segmen baru yang dipersembahkan untuk galeri-galeri dari Pulau Bali.

"Bali Art Scene akan menyajikan seniman-seniman kontemporer Bali. Segmen ini memungkinkan sekilas pandang yang terjadi pada kancah seni rupa Bali," tulis keterangan Art Jakarta.

Salah satu yang ditampilkan adalah Tonyraka Art Gallery, Galeri Zen1, ArtXchange Gallery yang belum lama ini pindah dari Singapura ke Bali, serta Jagad Gallery yang mentransformasikan program-program dalam ruang baru mereka.

Program menarik lainnya dari Art Jakarta adalah segmen NFT yang menghadirkan karya seni dari komunitas NFT.

"Art Jakarta NFT pertama kali digagas dalam Art Jakarta Gardens dan bakal diperluas lebih jauh dalam skala lebih besar, dengan aspirasi agar kolektor NFT dan kolektor konvensional dapat berinteraksi dan berkumpul bersama," tulis keterangan Art Jakarta.

Secara khusus, Art Jakarta juga menghadirkan Art Jakarta Play yang menyediakan area bermain untuk anak-anak. Tahun ini, Art Jakarta mengundang pemenang kompetisi UOB Painting of the Year 2021, Meliantha Muliawan.

Seniman Meliantha Muliawan bakal merancang ruang dengan tujuan mengenalkan kesadaran akan lingkungan alam bagi anak-anak.

Art Jakarta Talks juga menghadirkan platform antara ahli, pengamat, seniman, kolektor, dan kurator. Salah satu pembicara yang hadir adalah Shaun Leong penasihat hukum dari Withers Worldwide yng memenangkan kasus penetapan sementara Bored Ape di Singapura.



Simak Video "ART Jakarta 2019 Digelar, Kemendikbud Berharap Ada Market yang Terbangun"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT