Sisi Lain Dwi Sasono, Pamer Karya Seni di Art Jakarta Gardens 2022

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 10 Apr 2022 16:33 WIB
Dwi Sasono pamerkan karyanya di Art Jakarta Gardens 2022.
Dwi Sasono memerkan karyanya di Art Jakarta Gardens 2022. Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta -

Nama Dwi Sasono dikenal sebagai seorang aktor dan public figure di industri hiburan Tanah Air. Tapi tak banyak yang tahu kalau suami Widi Mulia itu tertarik dengan dunia seni sejak 2019.

Dwi Sasono mengaku seni sudah mendarah daging dalam hidupnya. Sebelum terjerat kasus narkoba dan kedapatan memiliki 16 gram ganja, Dwi Sasono menggelar pameran tunggal perdana secara privat di kediaman pribadinya.

"Saya sudah suka dengan patung sejak tahun 2019 dan pernah menggelar pameran tunggal pertama, secara privat pada pertengahan 2020. Dapat apresiasi yang bagus, dan besok-nya saja terkena kasus. Ditangkap," ungkap Dwi Sasono kepada detikcom di Hutan Kota by Plataran, kawasan GBK, Jakarta Pusat.

Ia masih ingat momen yang terjadi dalam hidupnya saat itu. Mendapatkan cobaan sampai harus berpisah dengan keluarganya, membuat Dwi Sasono mengalami perenungan mendalam.

"Saya akhirnya merenung dan merasa, 'Oh sepertinya saya harus melebur seperti nama judul patung ini.' Saya harus mendalami lagi dan berkontemplasi," lanjut Dwi Sasono.

Di ajang Art Jakarta Gardens 2022, Dwi Sasono memajang tiga koleksi patung berbentuk Buddha, di antarnya berjudul Lebur dan Kosong.

Uniknya patung-patung itu tidak dibuatnya sendiri, tapi berasal dari para pengrajin yang karyanya sudah terbengkalai. Di berbagai kota banyak pematung yang punya patung Buddha, tapi beberapa bagian sudah rusak parah atau terpotong.

"Saya memaknai kembali dan mengembalikan bentuk mereka kepada asalnya. Dengan menambahkan bagian perunggu lainnya. Terlihat di bagian badan adalah patung Buddha, tapi bagian kepala dan tangannya sudah ada material lainnya," katanya.

Patung terbengkalai yang ditemukan itu, lanjut Dwi Sasono, disatukan kembali sampai menjadi sebuah karya seni. Setiap patung tidak sembarangan diambil.

"Tergantung dari hati saya dan jodoh-jodohan," tegasnya.

Di Art Jakarta Gardens 2022, karya-karya Dwi Sasono dipresentasikan oleh D Gallery Jakarta. Patungnya dipamerkan di area taman Hutan Kota by Plataran bersama dengan puluhan karya seniman lainnya.

Art Jakarta Gardens 2022 masih dibuka untuk umum sampai 14 April 2022 dan dibanderol senilai Rp 150 ribu.



Simak Video "Dwi Sasono Baru Paham Makna Pulang saat Anak Sakit "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)