Pameran Seni Rupa Kontemporer Terbesar di Indonesia Pajang 108 Karya Perupa

ADVERTISEMENT

Pameran Seni Rupa Kontemporer Terbesar di Indonesia Pajang 108 Karya Perupa

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 05 Agu 2022 16:23 WIB
Pameran Seni Rupa Kontemporer MANIFESTO VIII Digelar di Galeri Nasional Indonesia
Pameran seni rupa kontemporer Manifesto VIII digelar di Galeri Nasional Indonesia dan Museum Kebangkitan Nasional.Foto: Courtesy of Galeri Nasional Indonesia
Jakarta -

Pameran seni rupa kontemporer terbesar di Indonesia bernama Manifesto kembali diselenggarakan. Lebih dari 108 karya para perupa dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia (GNI) dan gedung bersejarah STOVIA atau kini lebih dikenal sebagai Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat.

Sejak 2008, Galeri Nasional Indonesia memamerkan karya-karya seni kontemporer yang dipamerkan dari hasil seleksi ketat. Tahun ini, Manifesto mengusung tema Transposisi.

Dikuratori oleh Rizki A. Zaelani, Suwarno Wisetrotomo, Citra Smara Dewi, dan Teguh Margono, Manifesto ingin menampilkan perkembangan seni rupa kontemporer dalam wacana yang berbeda.

"Kami mengumpulkan beberapa karya dan menyampaikan relasi dari gagasan masing-masig seniman. Tim kurator menyadari banyak muncul dari gagasan kebangsaan yang diceritakan sebagai perjuangan senjata tapi kami juga berpikir kalau berkaitan dengan perjuangan kesadaran," kata Rizki A Zaelani di Museum Kebangkitan Nasional, belum lama ini.

Tradisi seni pun muncul dari gagasan modern. Selain sebagai gagasan, seni juga mampu menafsirkan bahasa dengan berbagai medium berkarya.

Pameran Seni Rupa Kontemporer MANIFESTO VIII Digelar di Galeri Nasional IndonesiaPameran Seni Rupa Kontemporer MANIFESTO VIII Digelar di Galeri Nasional Indonesia Foto: Courtesy of Galeri Nasional Indonesia

Pameran seni rupa kontemporer Manifesto VIII menampilkan karya 109 perupa yang dipilih dari hasil seleksi secara ketat. Sebelumnya, diketahui ada 613 seniman yang mendaftarkan karyanya melalui undangan terbuka atau open call.

Karya-karya yang dipamerkan, menurut Rizki, menunjukkan jenis dan karakter medium ekspresi yang beragam.. Bentuk dan ukuran karya-karya bervariasi, dari ukuran maksimal dengan sifatnya yang ekspansif atau instalatif sampai ukuran minimal yang justru memilih karakter ekspresi yang lebih intim.

Pengunjung melihat karya berjudul Siklus ciptaan Alif Edi Irmawan di Pameran Manifesto VIII : Transposisi di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (26/7/2022). Galeri Nasional Indonesia menggelar Pameran Seni Rupa Kontemporer Indonesia yang bertajuk Manifesto VIII : Transposisi.Tema Pengunjung melihat karya berjudul Siklus ciptaan Alif Edi Irmawan di Pameran Manifesto VIII : Transposisi di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (26/7/2022). Galeri Nasional Indonesia menggelar Pameran Seni Rupa Kontemporer Indonesia yang bertajuk Manifesto VIII : Transposisi.Tema "Transposisi" sendiri diangkat sebagai bentuk pentingnya upaya pengetahuan dan kesadaran para seniman untuk terus memeriksa kamus gagasan serta tindakan penciptaan seni yang sebelumnya telah dikerjakan para seniman untuk menciptakan lokasi peran seni yang terbarukan.Pameran ini menampilkan 108 karya terpilih dari perupa Indonesia yang berupa lukisan, grafis, drawing, mural, patung, instalasi, founde object, kolase, kriya tekstil, fotografi, seni digital, video art, animasi, video mapping dan virtual reality.Pameran seni rupa Manifesto VIII : Transposisi ini berlangsung dari tanggal 27 Juli sampai 26 Agustus 2022. Foto: Agung Pambudhy

Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto, menuturkan melalui pameran seni yang digelar setiap dua tahun sekali mampu mendorong pelaku seni rupa tergugah dengan karya yang ditampilkan.

"Semoga karya-karya dalam pameran ini juga mampu menggugah para apresiator untuk turut mendukung perkembangan dan kemajuan seni rupa serta berkontribusi bagi masa depan Indonesia," tuturnya.

Pameran seni rupa kontemporer Manifesto dapat dikunjungi publik umum dengan registrasi hingga 26 Agustus 2022.



Simak Video "Geger Hayu Festival Hari Kedua di Sukabumi Dibatalkan Mendadak"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT