ADVERTISEMENT

Seniman Botani Tanah Air Pajang 58 Karya di Galeri Nasional Indonesia

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 07 Jul 2022 13:24 WIB
Pameran Seni Botani ke-3 Digelar di Galeri Nasional Indonesia
Pameran seni botani ketiga digelar pada 8 Juli sampai 8 Agustus 2022. Foto: Courtesy of Galeri Nasional Indonesia
Jakarta -

Seni botani bukanlah genre seni baru yang ada di Indonesia. Berbagai ilustrasi atau gambar mengenai tumbuhan kerap menghiasi berbagai buku pelajaran atau ensiklopedia.

Awal Juli, Galeri Nasional Indonesia (GNI) mempersembahkan pameran ragam Flora Indonesia yang ketiga. Eksibisi yang diselenggarakan oleh Indonesian Society of Botanical Artists (IDSBA) bakal dibuka hari ini di Gedung D, GNI.

Mengusung tema Botanical Art: Evoking the Beauty of Science, ada 58 karya seni dan ilustrasi botani yang diseleksi dengan subyek tetumbuhan ciptaan 37 seniman Indonesia dan mancanegara.

Kurator Sudjud Dartanto mengatakan pameran ini menjadi bagian penting dalam khazanah seni rupa Indonesia yang akan mengubah perspektif kita dalam memandang relasi antar makhluk hidup.

"Wajah seni rupa yang umumnya kental dengan wajah 'manusia-sentrisnya', kali ini digeser dengan tumbuhan sebagai subjek representasi," katanya dalam keterangan yang diterima detikcom.

Pameran Seni Botani ke-3 Digelar di Galeri Nasional IndonesiaPameran Seni Botani ke-3 Digelar di Galeri Nasional Indonesia Foto: Courtesy of Galeri Nasional Indonesia

Seni botani juga dianggap sebagai kolaborasi antara ilmu seni dan sains. "Khazanah seni botani ini sesungguhnya dapat menjawab kebutuhan orang untuk menjalani produksi pengetahuan dari praktik seni," sambungnya.

Botaniwan Destario Metusala juga menambahkan seni botani telah ada sejak lama khususnya dalam ilmu botani. Bahkan saat teknologi kamera masa kini yang sudah ada, ilustrasi botani masih diandalkan.

"Seni botani telah berevolusi menjadi salah satu pendekatan aktualisasi diri dari berbagai kalangan, tanpa monopoli oleh komunitas dengan latar belakang keilmuan tertentu," sambungnya lagi.

Kepala Galeri Nasional, Pustanto, mengatakan karya seni botani yang digelar di Galeri Nasional Indonesia menjadi suguhan pameran yang menarik.

"Penikmat seni dapat mengagumi keindahan seni lukis botani sekaligus mendapatkan informasi atau pengetahuan tentang tetumbuhan dengan jarak sangat dekat," pungkasnya.

Sebelumnya, pameran seni botani pertama kalinya digelar di Kebun Raya Bogor dan di Yogyakarta. Pameran Seni Botani Ragam Flora Indonesia 3 bakal dibuka pada 8 Juli dan berlangsung sampai 8 Agustus 2022 di Gedung D, Galeri Nasional Indonesia.



Simak Video "Potret Malam Affandi, Pameran 32 Tahun Kematian Sang Maestro Lukis"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT