ADVERTISEMENT

Waktunya Musim Seni Salihara, Digelar hingga 4 September

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 04 Agu 2022 15:04 WIB
Musim Seni Salihara 2022
Foto: Ugo Untoro/ Istimewa
Jakarta -

Komunitas Salihara kembali unjuk gigi lewat berbagai program offline yang diselenggarakan. Musim Seni Salihara digelar lagi tahun ini mulai 4 Agustus hingga 4 September 2022.

Melalui jargon 'Berseni Kembali', Musim Seni Salihara mengusung semangat untuk menghadirkan sajian baru yang tidak hanya mempertontonkan pertunjukan seni saja. Tapi ada juga pameran seni berjudul Kelana Boneka dan diskusi seni dengan nama Fokus!.

Direktur Program Komunitas Salihara Arts Center, Nirwan Dewanto, menuturkan sudah waktunya lagi seni bisa mengambil tempat di kehidupan sehari-hari kita usai pandemi.

"Pameran seni rupa dan pertunjukan teater, misalnya, adalah peristiwa yang-sebaik-baiknya-kita alami langsung," katanya.

Musim Seni Salihara 2022 akan dimeriahkan oleh 14 seniman individu dan kelompok dari Indonesia dan mancanegara. Salah satu seniman adalah Ugo Untoro. Dia bakal menghadirkan karya yang berkolaborasi dengan Komunitas Sakatoya.

Ini merupakan penampilan perdana bagi boneka Ugo Untoro untuk tampil dalam sebuah pertunjukan teater.

"Awalnya kalau tidak salah diminta untuk main sendiri padahal saya belum pernah memainkan boneka-boneka saya dalam bentuk sebuah pertunjukan. Namun akhirnya dipertemukanlah saya (oleh Komunitas Salihara) dengan Komunitas Sakatoya dan jadilah kami berdua berkolaborasi bersama," ucapnya.

Pertunjukan hasil kolaborasi itu berjudul Amongraga. Bagi pencinta seni yang ingin menontonnya langsung bisa melihatnya di Komunitas Salihara sepanjang penyelenggaraan, dengan 3 kategori yaitu luring (on-site), daring (online), dan pertunjukan arsip.

Untuk pertunjukan luring pengunjung juga dapat menyaksikan Bar(u)atimur Ensemble, Fitri Setyaningsih, Josh Marcy, Komunitas Sakatoya dengan Ugo Untoro, dan Motekar. Untuk pertunjukan daring ada Cloud Gate, Dewa Alit, Sinta Wullur, dan Tatiek Maliyati.

Komunitas Salihara juga menyediakan pertunjukan lama yang dapat disaksikan kembali dalam pertunjukan arsip yang terdiri dari Arica Theater Company, Speak Percussion, Otniel Tasman, dan Rendra Bagus Pamungkas.

Selain pertunjukan, pengunjung juga bisa menikmati pameran boneka teater Nusantara yang dipamerkan di Galeri Salihara. Pameran dengan tajuk Kelana Boneka ini akan menghadirkan puluhan boneka dari 9 seniman Indonesia.

Mereka adalah Boneka Koran Sena Didi Mime, Kuntilanak Miss Tjitjih, Papermoon Puppet Theatre, Wayang Baja Hitam Enthus, Wayang Faisal Kamandobat, Wayang Golek Asep Sunandara Sunarya, Wayang Golek Den Kisot, Wayang Heri Dono, dan Wayang Ukur Sukasman.



Simak Video "''Kisah-kisah Tanah Manusia'', Anekdot Lahan dan Insan dalam Pigura"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT