ADVERTISEMENT

8 Museum di Taiwan Ini Wajib Dikunjungi Bagi Kamu Pecinta Sejarah

Mauludi Rismoyo - detikHot
Jumat, 22 Jul 2022 10:35 WIB
Salah satu museum di Taiwan, Ju Ming Museum.
8 Museum di Taiwan Ini Wajib Dikunjungi Bagi Kamu Pecinta Sejarah. (Foto: dok Taiwan Tourism Bureau ID)
Jakarta -

Taiwan rupanya bukan hanya sekadar negara yang identik dengan gemerlap pasar malam dan jajanan pinggir jalannya saja. Negara yang mulanya masih satu rumpun dengan Republik Tiongkok ini ternyata juga menyimpan banyak destinasi unik bernilai sejarah tinggi.

Mulai dari bangunan bersejarah seperti kuil dan deretan museum yang ada di Taiwan ini tak hanya menawarkan cerita prasejarah saja. Namun juga masih elok secara estetika.

Berikut telah dirangkum beberapa destinasi menarik bernilai sejarah dan budaya tinggi saat kamu berlibur ke Taiwan.

1. National Museum of Marine Biology & Aquarium

Salah satu museum di Taiwan, National Museum of Marine Biology & Aquarium.Salah satu museum di Taiwan, National Museum of Marine Biology & Aquarium. Foto: dok Taiwan Tourism Bureau ID

National Museum of Marine Life terletak di daerah Checheng, Pingtung, dan merupakan museum sekaligus lembaga penelitian biologi kelautan terkemuka di Taiwan.

Dengan luas 60 hektar, museum itu dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, Waters of Taiwan yang menampilkan hewan endemik atau asli dari Taiwan.

Selanjutnya, terdapat Coral Kingdom dengan bentuk terowongan bawah air sepanjang 84 meter yang menyajikan pengalaman melihat beragam biota laut berupa terumbu karang di Laut Cina Selatan.

Ada pula Waters of the World yang menyajikan ekologi laut purba dan ditampilkan melalui jendela akrilik dari Giant Kelp Tank tertinggi di dunia yang mencapai 10 meter.

Selain itu, terdapat penguin kutub selatan serta beluga kutub utara yang dibesarkan sendiri di museum dan telah menjadi sajian terpopuler bagi pengunjung.

2. Ju Ming Museum

Salah satu museum di Taiwan, Ju Ming Museum.Salah satu museum di Taiwan, Ju Ming Museum. Foto: dok Taiwan Tourism Bureau ID

Museum itu diambil dari nama seorang master seni Taiwan bernama Ju Ming yang terkenal sebagai seorang pemahat andal sekaligus pengukir kayu.

Terletak di daerah Jinshan, bangunan yang dibeli Ju Ming pada 1987 untuk menyimpan koleksi pribadinya ini, akhirnya dijadikan sebuah museum seni luar ruang terbesar di Taiwan pada tahun 1999.

Sebagai informasi, museum itu dirancang, ditemukan, dibangun, sekaligus diisi oleh karya dan jerih payah sang seniman sendiri yakni Ju Ming.

Menariknya museum itu bukan hanya dimunculkan melalui karya Ju Ming nan indah saja. Akan tetapi, sekeliling area museum pun dihiasi banyaknya pepohonan rindang sebagai pelengkap keindahan.

3. Matsu Distillery

Salah satu museum di Taiwan, Matsu Distillery.Salah satu museum di Taiwan, Matsu Distillery. Foto: dok Taiwan Tourism Bureau ID

Matsu Distillery bertempat di Bukit Niubeiling, Desa Fuxing dan merupakan pabrik anggur yang didirikan sejak 1956.

Di dalam pabrik itu, berbagai jenis anggur terpopuler telah diproduksi, mulai dari Anggur Daqu, Anggur Sorgum, dan Anggur Tua. Uniknya, terkhusus Anggur Tua, pabrik itu menyimpannya lebih dulu selama dua tahun sebelum akhirnya dipasarkan.

Saat mengunjungi tempat itu, wisatawan disuguhkan berbagai hal dari dari anggur khusus yang diproduksi di era yang berbeda, anggur obat yang sudah tidak diproduksi lagi, hingga barang langka lainnya.

Berada di bukit, pengunjung juga bukan hanya mengetahui sejarah sambil menikmati anggur berkualitas saja. Namun pengunjung dimanjakan dengan pegunungan yang indah.

4. Chiayi Art Museum

Salah satu museum di Taiwan, Chiayi Art Museum.Salah satu museum di Taiwan, Chiayi Art Museum. Foto: dok Taiwan Tourism Bureau ID

Museum Seni Chiayi merupakan satu dari banyaknya museum yang disinyalir menjadi terbaik di Taiwan. Bangunan museum itu tadinya adalah pabrik cabang dari Biro Monopoli Tembakau dan Anggur.

Bangunan itu akhirnya dialihfungsikan dan sekarang menjadi tempat yang menawarkan kursus dan lokakarya tentang kaligrafi, lukisan tinta kuas, ilustrasi, dan beberapa hal lainnya dengan sentuhan Taiwan.

Bertempat di Distrik Timur Kota Chiayi, Taiwan, museum itu dimaksudkan demi mendukung reputasi Kota Chiayi yang dikenal dengan kota seni.

Sebab itulah bangunan itu akhirnya dihadirkan sebagai ruang seni yang tetap berorientasi pada masyarakat.

Museum lainnya di Halaman Berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT