ADVERTISEMENT

Cerita Rakyat Gatotkaca dan Batu Gantung Jadi Drama Musikal, Siap Nonton?

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 15 Jul 2022 12:03 WIB
Musikal Gatotkaca dan Batu Gantung
Cerita rakyat Gatotkaca diadaptasi jadi musikal yang bakal tayang di YouTube IndonesiaKaya. Foto: Dok. Bakti Budaya Djarum Foundation
Jakarta -

IndonesiaKaya kembali mempersembahkan program #MusikalDiRumahAja yang bakal menemanimu ketika berada di dalam rumah. Ada dua episode terbaru dari web series yang berasal dari cerita rakyat Tanah Air.

Di episode pertama tahun ini, #MusikalDiRumahAja menghadirkan cerita rakyat dari tanah Jawa, Gatotkaca, yang tayang pada 14 Juli pukul 19.00 WIB. Kisah Gatotkaca diadaptasi menjadi pertunjukan musikal yang mengangkat pertempuran lakon wayang antara Gatotkaca dan Prabu Nagapercona.

Naskah yang ditulis oleh Chriskevin Adefrid ini akan dikemas dengan lebih modern melalui sebuah kisah perjuangan seorang pemain wayang orang bernama Gatot untuk dapat memerankan peran impiannya, Gatotkaca.

Musikal yang disutradarai oleh Robin Moran, Gatot diperankan oleh Teguh Kenthus Ampiranto sebagai Birawa, Sandhidea Cahyo sebagai Gatot, Woro Mustiko sebagai Giwa, Galih Rangga sebagai Bima, dan juga Tim Wayang Orang Bharata.

Penata musik Ammir Gita mengatakan hal menarik dari musikal Gatotkaca juga menghadirkan visualisasi dan musik menjadi aspek penting.

Musikal Gatotkaca dan Batu GantungMusikal Gatotkaca dan Batu Gantung Foto: Dok. Bakti Budaya Djarum Foundation

"Warna musik dalam musikal ini mempertahankan akar tradisional Gatotkaca dan membungkusnya dengan bunyi synth elektronik dan orkestra modern ala film superhero. Beberapa efek suara dan frekuensi tertentu pun akan digunakan untuk membangun suasana gelap, juga memicu adrenaline pada adegan aksi dan heroik," kata Ammir Gita, dalam keterangan yang diterima detikcom.

Di episode kedua #MusikalDiRumahAja juga menghadirkan musikal dari cerita rakyat Tanah Batak yakni Batu Gantung. Musikalnya bakal tayang pada 21 Juli 2022 pukul 19.00 WIB.

Naskah yang ditulis oleh Rio Silaen ini, akan mengisahkan seorang gadis cantik jelita yang putus asa karena dijadikan tumbal untuk membayarkan utang ayahnya.

"Bagi kami, #MusikalDiRumahAja ini merupakan wadah untuk berkreasi dan menuangkan kreativitas dan mengenalkan kebudayaan di tengah pandemi kepada penikmat seni di berbagai wilayah di Indonesia," katanya.

Dua episode pertunjukan musikal tayang pada 14 dan 21 Juli 2022 pukul 19.00 WIB di YouTube IndonesiaKaya.



Simak Video "Kemenparekraf Minta Maaf Usai Modifikasi Poster 'Musikal di Rumah Aja'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT