Musikal Lutung Kasarung Jadi Hiburan saat di Rumah Aja

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 28 Agu 2020 08:21 WIB
Drama Musikal Lutung Kasarung Persembahan BOOW Live x IndonesiaKaya.com
Drama musikal Lutung Kasarung jadi episode musikal di program #MusikalDiRumahAja Foto: BOOW Live, IndonesiaKaya.com/ Istimewa
Jakarta -

Program #MusikalDiRumahAja resmi ditutup tadi malam lewat episode terakhir Lutung Kasarung. Cerita rakyat Lutung Kasarung bisa ditonton secara daring di YouTube IndonesiaKaya sampai satu pekan ke depan.

Episode Lutung Kasarung menjadi penutup dari #MusikalDiRumahAja persembahan BOOW Live x IndonesiaKaya.com. Sebelumnya sudah ada 5 cerita rakyat Indonesia yang diadaptasi menjadi drama musikal online.

Di cerita Lutung Kasarung, Nia Dinata menjadi sutradara film yang mengurusi sinematografi dan sisi visual ketika direkam seperti sebuah film.

"Sebagai orang film, aku mengutamakan konsepnya, musikalnya seperti apa, koreografer yang diolah oleh sutradara teaternya. Film akan menambahkan nilai-nilai sinematografi dan visualnya, supaya nyaman ditonton di layar masing-masing," ungkap Nia Dinata saat jumpa pers virtual pada Kamis (27/8/2020).

Drama Musikal Lutung Kasarung Persembahan BOOW Live x IndonesiaKaya.comDrama Musikal Lutung Kasarung Persembahan BOOW Live x IndonesiaKaya.com Foto: BOOW Live, IndonesiaKaya.com/ Istimewa

Layaknya menonton film, drama musikal Lutung Kasarung dibuatkan dialog yang tidak terlalu formal dan berkaitan dengan penonton dari berbagai umur.

Sutradara teater dari EKI Dance Company, Rusdy Rukmarata, menuturkan dalam panggung drama musikal terbilang rumit ketimbang seni pertunjukan biasanya.

"Prosesnya rumit, ada set pemain musik dan lirik lagu, ada naskah yang disesuaikan dengan pemain, musiknya juga. Semua unsur itu yang menjadikan musikal ini menarik karena dibuat di masa pandemi," kata Rusdy.

Hasil kolaborasi antara EKI Dance Company dan Nia Dinata, hasil akhirnya menakjubkan.

Drama Musikal Lutung Kasarung Persembahan BOOW Live x IndonesiaKaya.comDrama Musikal Lutung Kasarung Persembahan BOOW Live x IndonesiaKaya.com Foto: BOOW Live, IndonesiaKaya.com/ Istimewa

"Saya terkejut dengan hasil akhir filmnya itu sendiri, olahannya sangat teliti. Kalau tidak ada semangat kolaborasi mungkin karya drama musikal Lutung Kasarung tidak akan sebagus ini," timpal Rusdy terkekeh.

Kisah Lutung Kasarung yang berasal dari Jawa Barat dibuat lebih modern dan kekinian. Dialog-dialog tidak akan memakai bahasa Sunda, tapi bahasa Indonesia dan ditambahkan peristiwa yang terjadi belakangan ini seperti fenomena streaming saat pandemi.

Di episode Lutung Kasarung kali ini, Purbasari dan kakaknya Purbararang berseteru untuk memamerkan kekasih yang paling tampan. Purbasari yang mencintai monyet sakti Lutung Kasarung memenuhi tantangannya.

Tak disangka Lutung Kasarung yang buruk rupa berubah menjadi pangeran tampan. Cerita ini memperlihatkan bahwa sifat manusia yang serakah dan memuja keindahan fisik pada akhirnya kalah oleh kemurnian jiwa.



Simak Video "Kemenparekraf Minta Maaf Usai Modifikasi Poster 'Musikal di Rumah Aja'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)