Main Musikal, Kikan Namara Kesulitan Nyanyi Sinden Bahasa Sunda

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 14 Agu 2020 08:16 WIB
Teater Musikal Sangkuriang Resmi Tayang di YouTube IndonesiaKaya
Kikan Namara menjadi Dayang Sumbi dalam pertunjukan teater musikal virtual Sangkuriang Foto: BOOW Live, IndonesiaKaya.com/ Istimewa
Jakarta -

Cerita rakyat Sangkuriang diadaptasi menjadi teater musikal persembahan BOOW Live x IndonesiaKaya. Kikan Namara pun dipercaya menjadi Dayang Sumbi, tokoh ibunda dari Sangkuriang.

Menjadi Dayang Sumbi yang khas Sunda, Kikan belajar banyak hal. Termasuk belajar nyinden menggunakan bahasa Sunda.

"Sebetulnya buat aku pribadi, yang sulit itu karena nyanyi harus agak nyinden. Benar-benar butuh skill khusus yang nggak main-main, kalau disuruh teriak di panggung sih sudah biasa," tuturnya saat jumpa pers virtual teater musikal Sangkuriang.

"Kalau nyinden, itu another level banget. Di bagian nyinden, agak luar biasa susah," sambung Kikan Namara.

Untuk belajar bahasa Sunda halus, Kikan harus bertanya kepada keluarga besarnya. Pelafalan beberapa dialog yang dinyanyikan juga harus ekstra hati-hati.

"Di bagian nyinden yang agak luar biasa susah," tegasnya.

Teater Musikal Sangkuriang Resmi Tayang di YouTube IndonesiaKayaTeater Musikal Sangkuriang Resmi Tayang di YouTube IndonesiaKaya Foto: BOOW Live, IndonesiaKaya.com/ Istimewa

Teater musikal Sangkuriang merupakan lakon terbaru yang dimainkan Kikan. Sebelumnya, ia pernah bergabung di musikal Ali Topan dan Tresna yang digelar pada 2011.

Kikan Namara mengatakan ia sebenarnya tidak terlalu percaya diri main musikal. "Agak kurang pede, kalau bukan Mba Maera (sutradara teater) yang ngajakin," katanya.

Berperan sebagai Dayang Sumbi, Kikan juga mempelajari karakter legenda Sunda yang kompleks tersebut.

"Hampir setiap aku riset, karakter dia itu yang perfect. Cantik, baik, bijaksana sampai pintar. Kayaknya susah banget ya jadi dia (Dayang Sumbi), aku baca skrip lagi yang lebih intens dan akhirnya jadi satu karakter yang kompleks. Dengan semua kelebihannya jadi boomerang buat dia," cerita Kikan.

Teater Musikal Sangkuriang Resmi Tayang di YouTube IndonesiaKayaTeater Musikal Sangkuriang Resmi Tayang di YouTube IndonesiaKaya Foto: BOOW Live, IndonesiaKaya.com/ Istimewa

Dalam teater musikal Sangkuriang yang sudah bisa ditonton di YouTube IndonesiaKaya sejak tadi malam, Dayang Sumbi diceritakan kabur ke hutan karena kecantikannya. Ia minta izin kepada ayahnya untuk menyepi ke hutan.

Di dalam hutan, Dayang Sumbi menikahi Tumang seekor anjing. Suatu hari, Sangkuriang bertemu dengan Dayang Sumbi yang tak lain adalah ibunya dan ingin menikahinya.

Sangkuriang merupakan salah satu dari 6 cerita rakyat Indonesia yang diangkat oleh tim BOOW Live x IndonesiaKaya.com ke dalam bentuk drama musikal. Tak sekadar musikal biasa, tapi #MusikalDiRumahAja berkolaborasi antar dua industri teater dan film.

(tia/doc)