Panggung Rara J Diadaptasi Lebih Modern di Musikal di Rumah Aja

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 07 Agu 2020 11:36 WIB
Musikal Rara J
Musikal Rara J dibuat lebih kekinian dan modern Foto: BOOW Live, IndonesiaKaya.com/ Istimewa
Jakarta -

Program #MusikalDiRumahAja yang mengadaptasi enam cerita rakyat Indonesia masih berlangsung sepanjang Agustus. Pekan ini, BOOW Live x IndonesiaKaya.com menghadirkan musikal Rara J yang menjadi pertunjukan kekinian dari legenda Rara Jonggrang.

Titien Wattimena bekerja sama dengan Teater Musikal Nusantara mengadaptasi cerita rakyat Roro Jonggrang untuk generasi muda. Dalam pertunjukan Rara J yang juga direkam seperti film, menceritakan tentang Bandung yang jatuh cinta kepada perempuan bernama Rara.

Rara memberikan syarat kepada Bandung jika cintanya ingin diterima. Syarat itulah yang kemudian menjadikan Rara diam-diam ternyata mencintai Bandung.

Meski ceritanya legenda rakyat, tapi pihak produksi Rara J menambahkan dengan kehidupan modern masa kini. Karakter Rara digambarkan sebagai seorang vlogger yang sukses di dunia media sosial.

Musikal Rara JMusikal Rara J dibuat dengan konsep lebih modern Foto: BOOW Live, IndonesiaKaya.com/ Istimewa

Sutradara film dalam episode musikal Rara J, Naya Anindita, mengatakan cerita legenda Rara Jonggrang sengaja dikemas secara ringan dan kekinian.

"Kisah Rara J kali ini sangatlah menarik, karena proses syuting ini memanfaatkan teknologi yang dekat dengan genggaman kita sehari-hari dan seluruh adegan pada proses syuting ini menggunakan Iphone," tuturnya.

Neala Vangelin yang berperan sebagai Rara J mengatakan program #MusikalDiRumahAja yang menggandeng cerita rakyat Roro Jonggrang jadi kekinian belum pernah ada sebelumnya.

"Ada banyak tantangan untuk memproduksi sebuah karya di tengah pandemi dengan pemberlakuan pembatasan sosial namun tim produksi Rara J ini sungguh luar biasa," katanya.

"Tiap orang memberikan energi positif dan berusaha memberikan yang terbaik sehingga pertemuan-pertemuan virtual untuk latihan hingga syuting menjadi hal yang sangat menyenangkan," tukas Naela.

Musikal Rara JMusikal Rara J dibuat dengan konsep lebih modern dan kekinian Foto: BOOW Live, IndonesiaKaya.com/ Istimewa

Panggung musikal Rara J ini diramaikan oleh para pemain seperti Daniel Ongko sebagai Bandung, Neala Vangelin sebagai Rara J, Damien Errol Jonathans sebagai Workout Influencer, Aldafi Adnan sebagai Mukbang Influencer, Zaya Fadhillah sebagai Kpop Influencer, Tina Simanjuntak sebagai Mama Rara.

Musikal Rara J sudah bisa disaksikan di YouTube IndonesiaKaya sampai 6 hari ke depan. Setelah pentas Rara J, #MusikalDiRumahAja bakal menghadirkan Sangkuriang, Bawang Merah Bawang Putih, dan Lutung Kasarung.



Simak Video "Kemenparekraf Disentil Joko Anwar Gegara Modifikasi Poster 'Musikal di Rumah Aja'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)