Cerita Rakyat Sangkuriang Jadi Teater Musikal Virtual yang Kekinian

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 14 Agu 2020 08:45 WIB
Teater Musikal Sangkuriang Resmi Tayang di YouTube IndonesiaKaya
Cerita rakyat Sangkuriang diadaptasi jadi teater musikal kekinian Foto: BOOW Live, IndonesiaKaya.com/ Istimewa
Jakarta -

Bagaimana jadinya kalau cerita rakyat khas Sunda Sangkuriang menjadi pertunjukan teater musikal virtual? Pentasnya pun dibuat dengan konsep kekinian dan modern untuk menemani pencinta teater saat berada di rumah saja karena pandemi COVID-19.

Lewat #MusikalDiRumahAja persembahan BOOW Live x IndonesiaKaya, programnya sudah ditonton lebih dari 600 ribu penonton daring. Pekan ini, Sangkuriang menjadi episode keempat dari #MusikalDiRumahAja.

Kisah yang menjadi asal muasal dari Gunung Tangkuban Perahu mengisahkan tentang Dayang Sumbi yang kabur ke hutan. Kehidupan Dayang Sumbi yang magis mulai lahir dari perut seekor babi, menikah dengan anjing, sampai putranya Sangkuriang yang jatuh cinta kepadanya diceritakan dalam musikal ini.

Tadi malam, teater musikal Sangkuriang resmi tayang di YouTube IndonesiaKaya. Berdurasi sekitar 20 menit, penonton disuguhi oleh lakon modern yang digarap dengan tim serba minim saat masa pembatasan sosial berskala besar.

Teater Musikal Sangkuriang Resmi Tayang di YouTube IndonesiaKayaTeater Musikal Sangkuriang Resmi Tayang di YouTube IndonesiaKaya Foto: BOOW Live, IndonesiaKaya.com/ Istimewa

"Adaptasi cerita Sangkuriang khas Sunda, kita setuju dalam bahasa Indonesia. Seharusnya tidak terlalu sulit dipahami penonton karena bukan bahasa sastra yang tinggi banget. Semua dialog yang dinyanyikan juga berupa lagu dan itu lebih mudah nyantol," kata Maera Panigoro selaku sutradara teater ketika jumpa pers virtual, Kamis (13/8/2020).

Meski dialog dan lagu yang dinyanyikan dalam bahasa Indonesia, ada satu scene yang kembali ke akar bahasa Sunda. Adegan saat Tumang meninggal karena dipanah oleh Sangkuriang kecil.

"Soal bahasa ini juga menjadi acuan untuk komposer lagu dengan sedikit nuansa Jawa Barat. Karena kembali menyepi ke hutan, kami setuju untuk outdoor dan memakai taman di rumah saya untuk syuting," cerita Maera.

Total tim yang terlibat untuk teater musikal Sangkuriang hanya 5 sampai 7 orang, ditambah pemain 4 orang. "Kru dan pemain memang dibuat seminim mungkin karena kan saat PSBB dan kami nggak mau kru banyak juga ketika proses syuting," ungkapnya.

Teater Musikal Sangkuriang Resmi Tayang di YouTube IndonesiaKayaTeater Musikal Sangkuriang Resmi Tayang di YouTube IndonesiaKaya Foto: BOOW Live, IndonesiaKaya.com/ Istimewa

Sutradara film Tanta Ginting menambahkan, "Uniknya ada dua kepala dalam satu produksi dan kami sudah satu konsep jadi lebih mudah. Kami tidak mengkonsepkan yang ribet-ribet karena set dan pemain sudah mendukung."

Kisah Sangkuriang diramaikan oleh para pemain yang mendukung pertunjukan #MusikalDirumahAja seperti Taufan Purbo sebagai Sangkuriang, Kikan Namara sebagai Dayang Sumbi, Bima Zeno sebagai Tumang, dan Chandra Satria sebagai Radjiman/Narator.

Episode ini juga diproduseri Bayu Pontiagust dan disutradarai oleh sutradara teater Maera sekaligus penulis lirik bersama Titin Wattimena.

Teater musikal Sangkuriang sudah bisa ditonton di YouTube IndonesiaKaya sejak tadi malam pukul 20.00 WIB dan bisa ditonton sampai satu minggu ke depan lalu akan berganti episode terbaru.

(tia/tia)