Musikal di Rumah Aja Jadi Hiburan saat Pandemi, Penonton Capai 1 Juta

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 28 Agu 2020 10:27 WIB
BOOW Live x IndonesiaKaya.com persembahkan musikal Malin Kundang di #MusikalDiRumahAja
Program #MusikalDiRumahAja ditonton lebih dari 1 juta viewers Foto: BOOW Live, IndonesiaKaya.com/ Istimewa
Jakarta -

Program #MusikalDiRumahAja menjadi hiburan bagi penikmat seni saat pandemi masih mewabah di Indonesia. Bagi kamu yang menyukai pertunjukan drama musikal, setiap pekannya bisa menonton secara gratis di YouTube IndonesiaKaya.

Selama 6 minggu, ada 6 cerita rakyat yang diadaptasi menjadi drama musikal dan dibuat lebih modern. Pertunjukannya kolaborasi antara 6 sutradara teater, 6 sutradara film, 6 sinematografer, 7 penata musik, 44 aktor, aktris, dan penari yang terlibat.

Program Director IndonesiaKaya.com, Renitasari Adrian, mengatakan awalnya mereka hanya menargetkan drama musikal yang tayang streaming selama satu minggu bisa ditonton oleh 1 juta viewers.

"Baru di lima cerita drama musikal sudah ada 1,7 juta viewers. Apresiasi yang buat kami kaget. Ini pertama kalinya bersama BOOW Live, kami membuat #MusikalDiRumahAja," tutur Renitasari Adrian, saat jumpa pers virtual pada Kamis (27/8/2020).

Program ini memadukan antara cerita rakyat Indonesia dengan elemen seni teater, tari, suara, dan teknologi film. Para pemain bukan hanya merasa seperti berada di panggung teater tapi juga direkam layaknya sebuah film.

Drama Musikal Lutung Kasarung Persembahan BOOW Live x IndonesiaKaya.comDrama Musikal Lutung Kasarung Persembahan BOOW Live x IndonesiaKaya.com Foto: BOOW Live, IndonesiaKaya.com/ Istimewa

Angka lebih dari 1,7 viewers, lanjut Renitasari, ada di atas prediksi tim yang terlibat. Bahkan ia menceritakan salah cerita di penggalan dialog dalam musikal yang tayang viral di TikTok sampai ada 10 juta viewers.

"Akhirnya banyak yang penasaran untuk nonton drama musikal kedua, ketiga, dan seterusnya," katanya.

Renitasari Adrian juga menambahkan kelima drama musikal yang sudah tayang sebelumnya, ada rencana untuk ditayangkan ulang. Dalam #MusikalDiRumahAja, setiap pekan drama musikal yang tayang akan digantikan dengan pertunjukan baru.

Teater Musikal Sangkuriang Resmi Tayang di YouTube IndonesiaKayaTeater Musikal Sangkuriang Resmi Tayang di YouTube IndonesiaKaya Foto: BOOW Live, IndonesiaKaya.com/ Istimewa

"Rencananya sudah ada pembicaraan untuk tayang ulang di platform lain. Mudah-mudahan nggak menunggu lama akan bisa ditonton lagi, jangan nonton versi bajakannya ya," tutur Renitasari.

Ia juga menambahkan, "Season kedua kami sedang pertimbangkan juga ke depannya."

Pekan ini, musikal Lutung Kasarung bisa ditonton di YouTube IndonesiaKaya secara bebas selama 7 hari ke depan.



Simak Video "Kemenparekraf Disentil Joko Anwar Gegara Modifikasi Poster 'Musikal di Rumah Aja'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)