ADVERTISEMENT

Perpustakaan Jakarta dan PDS HB Jassin Dibuka untuk Umum Mulai Esok

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 07 Jul 2022 18:25 WIB
Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta akan dibuka lagi bulan depan. Selain memiliki desain yang keren, perpustakaan ini pun dilengkapi beragam fasilitas
Perpustakaan Jakarta dan PDS HB Jassin bakal dibuka untuk umum 8 Juli 2022. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja meresmikan Perpustakaan Jakarta dan Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin hari ini. Mulai esok, kedua tempat bersejarah yang berada di area kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, bisa dikunjungi publik.

Bangunan perpustakaan Jakarta merupakan salah satu lokasi yang direnovasi dan menjadi bagian dari wajah baru TIM. Berada di dalam Gedung Panjang, kini ruangan tersebut memiliki wajah baru.

Lebih dari 100 ribu buku dengan beragam genre mulai dari anak-anak, remaja sampai dewasa menjadi perpustakaan milik Pemprov DKI Jakarta tersebut.

Melansir dari laman resmi PT Jakarta Propertindo (Jakpro), desain Gedung Panjang terinspirasi dari salah satu lagu karya Ismail Marzuki yang diwujudkan mirip not balok lagu pada fasad nya.

Bangunan baru ini dirancang oleh arsitek kenamaan Indonesia, Andra Matin. Desainnya merupakan bentuk penggambaran dari lagu ciptaan Ismail Marzuki yang berjudul "Rayuan Pulau Kelapa".

Bentuk bangunan Gedung Panjang terlihat memanjang. Bagian gedung 14 lantai itu terlihat berundak-undak dari kejauhan, tidak rata seperti bangunan tinggi konvensional.

Fasilitas di Gedung Panjang terdiri dari Galeri Seni, Perpustakaan Umum, Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Kantor Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Ruang Diskusi Komite Seni dan Wisma Seni. Wajah baru TIM memang sengaja digagas sebagai pusat wisata edukasi kesenian dan kebudayaan terbaik.

Gubernur Anies Baswedan saat peresmian yang disiarkan secara Live mengatakan pihak Pemprov DKI punya cita-cita besar dalam membangun perpustakaan tersebut.

"Tidak hanya membangun ulang PDS HB Jassin, di sinilah tempat menemukan kekuatan untuk menjadi ruang pembelajaran bagi kita semua," kata Anies Baswedan.

"Kami berharap perpustakaan di Taman Ismail Marzuki dapat memunculkan ide yang terus menerus. Proses yang tidak pernah berhenti," sambungnya lagi.

Anies mengatakan di balik keindahan Gedung Panjang di area TIM, ada perancang yang bekerja keras untuk memastikan perencanaan berjalan matang dan tuntas.

"Mereka berjasa besar untuk membangun setiap ruangan yang ada di sini, mereka yang tidak muncul dalam sambutan-sambutan. Dengan mengucap bismillah, Perpustakaan Jakarta dan PDS HB Jassin secara resmi dinyatakan dibuka," pungkasnya.

Perpustakaan Jakarta dan PDS HB Jassin dibuka untuk umum mulai esok puku 09.00-17.00 WIB. Jadwalkan kunjunganmu memulai laman perpustakaan.jakarta.go.id, kuota terbatas sekitar 300 orang per sesi.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Cantiknya Mutiara Baswedan di Resepsi Pernikahan Hari Ke-3"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT