ADVERTISEMENT

Anak-anak Kini Juga Bisa Seru-seruan di ARTJOG 2022

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Jumat, 01 Jul 2022 12:45 WIB
ARTJOG MMXXII
Jumpa Pers ARTJOG 2022 atau ARTJOG MMXXII digelar di Artotel Suites Bianti, Yogykarta. Foto: Courtesy of ARTJOG MMXXII
Yogyakarta -

Tahun ini, ARTJOG membawa konsep berbeda. Jika sebelum-sebelumnya cenderung 'serius', kini ARTJOG hadir untuk bisa dinikmati segala kalangan.

Dalam jumpa pers yang digelar di ARTOTEL Suites Bianti, Yogyakarta pada Kamis (30/6), tim ARTJOG memperkenalkan sejumlah program. Salah satunya ARTJOG KIDS yang akan melibatkan anak-anak dan remaja dalam pamerannya.

"Untuk pertama kalinya tahun ini ARTJOG membuka partisipasi anak-anak dan remaja. Ini adalah bagian dari keinginan kami menjadikan festival ini lebih inklusif," ungkap Agung Hujatnika tim kurator ARTJOG.

"Anak-anak juga punya kesempatan menunjukkan bakat mereka. Dua bulan ke belakang kami membuka pameran untuk anak-anak dan remaja. Antusiasmenya sangat bagus," lanjutnya.

Para pengunjung nantinya bisa menikmati empat belas karya dari anak-anak yang sudah terpilih. Melalui ARTJOG, nantinya karya-karya mereka akan bersanding dengan para seniman profesional.

ARTJOG MMXXIIARTJOG MMXXII Foto: Courtesy of ARTJOG MMXXII

"Empat belas anak karyanya akan bersanding dengan seniman profesional. Ini belum pernah dilakukan seni rupa kontemporer lain," jelas Agung.

"Kami juga mengupayakan dialog dengan seniman untuk menghadirkan karya yang ramah anak. Salah satu section kami sebut sebagai ARTJOG Kids. Ini difasilitasi oleh seniman, tapi akan diaktifkan oleh anak-anak. ARTJOG kali ini aksesibel. Lebih terbuka untuk berbagai lapisan pengunjung," tambahnya.

Salah satu karya yang bisa dinikmati oleh anak-anak yang berkunjung ke ARTJOG adalah sebuah instalasi yang digarap oleh Tempa. Mereka membuat sebuah instalasi yang bisa berubah bentuk sesuai dengan apa yang pengunjung anak-anak lakukan.

"Kami bekerja dengan seniman, sekelompok dari Jogja bernama Tempa yang berdialog dengan tim kurator mengerjakan satu instalasi yang bentuknya modul. Instalasi ini disusun dan diaktifkan sebagai karya oleh anak-anak," ujar Gading sebagai program manager ARTJOG.

"Instalasi akan berubah bentuk sesuai dengan apa yang pengunjung anak-anak lakukan. Ini adalah proyek komisi ARTJOG yang memang cukup kecil skalanya tapi bisa dikembangkan lagi di edisi berikutnya," pungkasnya.

ARTJOG MMXXII: Arts in Common - Expanding Awareness akan dibuka untuk umum mulai 8 Juli 2022 hingga 4 September 2022 di Jogja National Museum. Tiket pre-sale bisa dibeli di situs resmi.



Simak Video "ARTJOG MMXXII Resmi Dibuka untuk Umum Mulai Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT