ADVERTISEMENT

ARTJOG MMXXII Dibuka 8 Juli, Selamat Datang Lagi Lebaran Seni di Jogja!

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Kamis, 30 Jun 2022 17:00 WIB
ARTJOG 2022
Foto: Delia/detikhot
Yogyakarta -

Setelah dua tahun digelar secara terbatas akibat pandemi, kini ARTJOG kembali terbuka untuk publik. Mengusung tema Expanding Awareness, ARTJOG tahun ini merupakan muara dari rangkaian arts-in-common yang diselenggarakan sejak 2019 dalam triplet sistematik 'ruang', 'waktu', dan 'kesadaran'.

Tahun ini, ARTJOG secara khusus mengambil tema inklusivitas. Mendorong perluasan kesadaran yang diwujudkan melalui pemilihan seniman, fasilitas ruang pamer, hingga infrastruktur fisik.

Inklusivitas dalam ARTJOG MMXXII mencakup upaya untuk melibatkan anak-anak, tidak hanya sebagai pengunjung festival, tetapi juga partisipan pameran. Selain itu, tahun ini, ARTJOG juga mengundang serta keterlibatan komunitas difabel setelah melalui diskusi dengan kelompok JDA (Jogja Disbility Arts) dan Sanggar Seni Komunitas Tuli Ba(WA)yang.

"Perhatian terhadap inklusivitas di medan kesenian sangat minim. Selama ini belum memberikan kesempatan khusus bagi mereka yang bukan bagian dari 'medan seni'," ujar Agung Hujatnika tim kurator ARTJOG dalam jumpa pers yang digelar pada Kamis (30/6) di ARTOTEL Suites Bianti, Yogyakarta.

"Elitisme, ekslusivisme masih terlihat. ARTJOG akan memulai tahun ini yang nantinya bisa dikembangkan untuk tahun-tahun berikutnya," lanjutnya.

Tak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ada berbagai program yang akan digelar di ARTJOG MMXXII. Selama rentang waktu penyelenggaraan, para pencinta seni bisa menikmati berbagai macam program di antaranya Weekly Performance, Exhibition Tour, Meet the Artist, hingga Workshop. Selain itu kegiatan rutin Jogja Art Weeks dan ARTCARE juga kembali diselenggarakan.

"Akan banyak program seni. Tidak hanya pameran, tapi juga pertunjukan, diskusi, pemutaran film di Yogyakarta dalam rentang waktu penyelenggaraan ARTJOG," jelas Gading sebagai program manager ARTJOG.

"Meibatan peserta anak-anak, remaja, mereka yang berkebutuhan khusus. Kami tidak ingin menciptakan eksklusivitas baru dengan memisahkan. Tetapi peserta-peserta yang hadir adalah campuran. Semua dapat terlibat dalam kategori-kategori usia tertentu," pungkasnya.

ARTJOG MMXXII: Arts in Common - Expanding Awareness akan dibuka untuk umum mulai 8 Juli 2022 hingga 4 September 2022 di Jogja National Museum. Tiket pre-sale bisa dibeli di situs resmi.



Simak Video "ARTJOG MMXXII Resmi Dibuka untuk Umum Mulai Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT