Distrik Seni X Sarinah Resmi Dibuka, Tampilkan Karya Sunaryo hingga Gardu House

Tia Agnes Astuti - detikHot
Senin, 06 Jun 2022 17:25 WIB
Distrik Seni X Sarinah
Distrik Seni X Sarinah resmi dibuka di lantai enam Sarinah Thamrin mulai 1 Juni 2022. Foto: Courtesy of Distrik Seni X Sarinah
Jakarta -

Distrik Seni yang berada di lantai enam Sarinah Thamrin resmi dibuka untuk publik umum pada 1 Juni 2022. Di tengah situasi transisi pandemi ke endemi, geliat seni semakin terbuka.

Distrik Seni menjadi kolaborasi yang pertama di Indonesia dan mempertemukan konsep kerja budaya (cultural practices) dengan pasar seni (art market). Ruang Distrik Seni X Sarinah dirancang untuk menjadi sebuah ekosistem seni rupa berkelanjutan di Ibu Kota.

Berdirinya Distrik Seni diharapkan menjadi momentum kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Selama ini industri seni sempat terpukul selama pandemi. Dengan membawa semangat Berdikari dari Bung Karno sesuai dengan tema pada season pertama kami," ungkap penata artistik Distrik Seni, Farah Wardhani.

Dia pun melanjutkan, "Kami optimis Distrik Seni X Sarinah mampu mewujudkan kolaborasi ekosistem seni untuk menjadi wadah berkreasi, eksperimentasi, dan penjualan karya seni sebagai bagian dari pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi."

Di awal masa pandemi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyebutkan sebanyak 226.586 seniman dan pekerja kreatif yang terdampak pandemi COVID-19.

Distrik Seni X SarinahDistrik Seni X Sarinah Foto: Courtesy of Distrik Seni X Sarinah

Penyediaan ekosistem seni yang berkelanjutan diyakini dapat menjadi solusi atas lesunya aktivitas perekonomian di industri seni pasca pandemi. Lantaran peluang tersebut, Distrik Seni X Sarinah menjawab kebutuhan ruang inovasi dan perkembangan seni rupa di Jakarta.

Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati, mengatakan sekarang ada tren positif anak muda lebih peduli dengan pelestarian seni dan budaya.

"Mereka memiliki ketertarikan untuk mengunjungi pameran seni dan budaya sebagai sarana bersosialisasi. Tren positif ini dapat mendorong milenial yang awalnya hanya sebagai penikmat seni, dapat menjadi kolektor seni," katanya.

Di musim pertama, Distrik Seni menghadirkan pameran seni Berdikari yang menampilkan karya dari maestro A.D Pirous, Sunaryo, Dolorosa Sinaga, Sri Astari, hingga kolektif Gardu House, Rux Container, dan Tromarama.

Pameran seni berlangsung pada 2 Juni sampai 22 Agustus 2022 di Ruang Dr. Ir. Soekarno yang berlokasi di Sarinah Lantai 6, Jl M.H. Thamrin No.11, Jakarta.



Simak Video "Sensasi Berkunjung ke Pameran Pop Art NFT di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/mau)