Top! Lukisan Marilyn Monroe Laku Rp 2,8 Triliun

ADVERTISEMENT

Top! Lukisan Marilyn Monroe Laku Rp 2,8 Triliun

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 10 Mei 2022 12:37 WIB
Jakarta -

Lukisan ikonik ciptaan Andy Warhol tentang sosok Marilyn Monroe berhasil laku di balai lelang senilai Rp 2,8 triliun. Karya yang berjudul Shot Sage Blue Marilyn itu dijual awal pekan ini.

Angka yang fantastis untuk penjualan lukisan Warhol itu menjadikan sebagai karya seni paling mahal yang pernah dijual oleh seniman Amerika Serikat.

Lukisan silkscreen yang dibuat tahun 1964 menggambarkan potret close-up Marilyn Monroe dengan rambutnya yang cerah. Ada warna rambut kuning, eyeshadow biru, dan bibir kemerahan.

Balai lelang Christie's di New York mengatakan lukisannya menjadi barang paling mahal dari abad ke-20 yang pernah dilelang.

Penjualan lukisan Andy Warhol menggeser pemegang rekor sebelumnya dan master seni lukis modern lainnya. Mereka adalah Jean-Michel Basquiat yang lukisannya dari tahun 1982 Untitled dari wajah seperti tengkorak terjual dengan rekor senilai Rp 1,5 triliunpada 2017.

Karya Warhol itu juga terbukti terjual Rp 2,8 triliun juga bakal mengalahkan lukisan Warhol sebelumnya. Yakni berjudul Silver Cas Crash (Double Disaster) dengan angka Rp 1,5 triliun pada 2013.

Christie's mengatakan kolektor yang membelinya tidak disebutkan namanya saat melakukan pembelian awal pekan ini.

Ketua Departemen Seni Abad ke-20 dan ke-21 dari Christie's, Alex Rotter, mengatakan penjualan karya Warhol merupakan hal yang luar biasa.

"Angkanya sesuai prediksi. Luar biasa," katanya dilansir dari AP.

Nantinya, hasil penjualan lukisan bakal disumbangkan ke Thomas dan Doris Ammann Foundation Zurich. Yayasan itu bertujuan untuk membantu anak-anak dengan program kesehatan dan pendidikan.

Andy Warhol yang dikenal sebagai pencetus pop art sebenarnya membuat potret ikonik Marilyn Monroe lebih dari satu gambar. Lukisan-lukisan itu pun telah dipamerkan ke seluruh dunia.

Sejarah lukisan fenomenal itu berasal dari foto pers saat promosi sebuah film di tahun 1953, Niagara. Film itu disutradarai oleh Henry Hathaway dan dibintangi oleh Marilyn Monroe dan menjadi salah satu box office terbesar di AS saat itu.

Andy Warhol kepincut dengan foto tersebut sampai menggunakannya beberapa kali hingga kematiannya di tahun 1987.

(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT