Dokumenter Andy Warhol di Netflix Populerkan Lagi Sang Pencetus Pop Art

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 11 Mar 2022 12:23 WIB
Andy Warhol (1926 - 1987), American pop artist and filmmaker, holding an example of one of his posters.  Original Publication: People Disc - HM0195   (Photo by John Minihan/Getty Images)
Sosok Andy Warhol dibuatkan dokumenter oleh Netflix. Foto: Getty Images/John Minihan
Jakarta -

Andy Warhol merupakan sosok khas di dunia seni yang (mungkin) muncul dalam kurun waktu satu abad sekali. Netflix menayangkan dokumenter sang seniman yang bertajuk The Andy Warhol Diaries.

Secara khusus, Netflix mempublikasikan enam bagian tak terungkap dari Andy Warhol yang mampu menghipnotis pencinta seni. Menggunakan teknologi AI untuk membuat suara Warhol seperti nyata, membaca kata-katanya dalam narasi film dokumenter tersebut.

Disutradarai oleh Andrew Rossi dan diproduksi Ryan Murphy, kutipan terkenal Andy Warhol menjadi pembuka dokumenter.

"Semua orang akan terkenal di dunia selama 15 menit," bunyi narator Andy Warhol.

Setiap bagian episode berjalan selama satu jam. Totalnya ada 395 menit atau sekitar enam jam penayangan dari dokumenter Andy Warhol tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, penayangan dokumenter Warhol diambil dari buku harian yang dirilis secara anumerta. Cerita pun melesat ke masa-masa kacau saat Warhol hidup dan berbagai kontroversi yang melibatkan namanya.

Sepanjang kariernya, Andy Warhol bisa mempopulerkan kaleng sup Campbell atau berkolaborasi dengan Jean-Michel Basquiat. Dia juga bisa membuat film mutakhir dan tampil aneh dalam program televisi Love Boat dan Saturday Night Live.

Pada saat yang sama, Warhol terus malu-malu tentang identitas seksualitasnya sendiri, menghindari pertanyaan-pertanyaan itu. Menjelang akhir dokumenter, Rossi menghabiskan banyak waktu berfokus pada hubungan Warhol. Pertama dengan Jed Johnson, dan kemudian eksekutif film John Gould.

The Andy Warhol Diaries memberikan banyak detail tentang kehidupan sang seniman. Dimulai dari masa kecil yang sederhana di Pittsburgh, menciptakan merek dagangnya sendiri, ketakutan dengan rumah sakit sampai akhir hayatnya di tahun 1987.

Dokumenter The Andy Warhol Diaries tayang perdana di platform streaming Netflix mulai 9 Maret 2022.



Simak Video "Lukisan Marilyn Monroe Cetak Rekor Lelang di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)