Buku Masakan Langka Andy Warhol Dilelang Rp 720 Juta, Tertarik Beli?

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 10 Mar 2021 18:37 WIB
Buku Masakan Langka Andy Warhol
Buku langka Andy Warhol dilelang Rp 720 juta Foto: Bonhams/ Andy Warhol
Jakarta -

Andy Warhol dikenal sebagai seniman pop art kenamaan Amerika Serikat yang karyanya telah melanglang buana.

Balai Lelang Bonhams segera melelang sebuah buku langka karya Warhol yang berisi resep masakan. Buku masak langka adalah satu dari 34 salinan berwarna terbatas yang pernah dibuat dan ditandatangani sang seniman.

Pada 1959, Andy Warhol yang saat itu bekerja tanpa menyebutkan namanya berprofesi sebagai desainer grafis. Ia berkolaborasi dalam proyek tersebut bersama temannya yang seorang desainer interior, Suzie Frankfurt.

Temannya bertugas sebagai penulis teks dan Andy Warhol yang menggambarnya. Buku berjudul Wild Raspberries, menyindir buku masak tahun 1950-an.

Andy Warhol menciptakan beberapa menu hidangan di dalam buku tersebut. Di antaranya adalah Omelet Greta Garbo yang harus selalu dimakan di ruangan yang diterangi cahaya lilin, ada juga menu Gefilte of Fighting Fish hingga Seared Roebuck.

Sahabat Andy Warhol itu mengatakan buku langka masakan sang seniman tadinya diprediksi akan menjadi mahakarya.

"Saya pikir kami akan menjual sampai ribuan eksemplar, tapi hanya sekitar 30an buku yang terjual," ungkapnya.

Sebagian besar pun membagikan salinan buku sebagai hadiah kepada teman-temannya.

Balai Lelang Bonhams mengatakan manuskrip langka Andy Warhol kini menjadi karya dengan harga penjualan yang terbilang mahal.

"Itu adalah karya yang indah dari sepanjang perkembangan seni Andy Warhol dan kini menjadi buku berharga," tukasnya.

Sepanjang kariernya, Andy Warhol dikenal sebagai seniman kontroversial. Ia adalah pencetus gerakan pop art Amerika Serikat di dekade 19500an.

Jejak karya seni Andy Warhol banyak diikuti oleh generasi muda karena dianggap tak biasa. Pria yang meninggal 22 Februari 1987 itu juga membuat karya seni tak biasa.

Salah satu karya fenomenalnya adalah kaleng sup Campbell yang dilukiskan di atas kanvas seperti barang habis pakai. Karyanya menjadi gerakan paling cerdik dalam seni abad ke-20.

Andy Warhol membuatnya di atas 32 bidang kanvas berukuran 51 x 41 sentimeter pada tahun 1962 dan disebut sebagai karya seni yang berharga senilai Rp 6,5 miliar.



Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)