Meninggal, Fotografer Ricky Powell Sukses Jepret Andy Warhol dan Keith Haring

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 03 Feb 2021 16:40 WIB
Fotografer Ricky Powell
Fotografer Ricky Powell meninggal dunia Foto: Istimewa
Jakarta -

Nama Ricky Powell tak hanya dikenal di industri musik saja dengan memotret Beastie Boys saja. Tapi fotografer asal New York itu juga sukses memotret Andy Warhol sampai Keith Haring.

Sepanjang hidupnya, ia mendokumentasikan pemandangan kota dan budaya jalanan di kota New York. Dari kampung halamannya di Brooklyn sampai pusat kota Manhattan.

Ricky Powell juga menangkap gambar yang intim dari para seniman. Sejumlah nama pernah dijepretnya, ada Andy Warhol, Keith Haring, sampai Jean-Michel Basquiat.

Dari tahun 1990 sampai 1996, Ricky Powell menuliskan budaya underground yang terjadi di New York. Ia menggambarkan kota kelahirannya sebagai 'kapsul waktu'.

Dia menerbitkan empat buku kumpulan koleksi fotografinya. Termasuk buku berjudul Oh Snap! The Rap Photography of Ricky Powell, The Rockford Files: Classic New York Photographs, dan buku terbaru The Individualist yang mengeksplorasi persimpangan mode, seni jalanan, dan hip hop selama akhir dekade 1980-an.

Fotografer Ricky PowellJepretan Fotografer Ricky Powell Foto: Istimewa

Hubungan Ricky Powell dengan para seniman kontemporer di masanya terkenal dekat. Bahkan ketika mereka sama-sama tengah berada di puncak karier.

Ricky Powell pernah menjepret Keith Haring dan Andy Warhol. Dalam catatan katalognya, ia mengatakan kedua seniman besar punya pengaruh besar di industri seni. Alhasil, foto langka itu berhasil dilelang pada 2018 dengan harga jutaan rupiah.

Kabar kepergian sang fotografer diumumkan oleh manajer dan mitra bisnis Ricky Powell.

"Saya hanya ingin semua orang tahu bahwa dia orang yang sangat spesial dan akan sangat dirindukan," kata Tono Radvany.

Sejak kabar kematiannya beredar, musisi dunia memberikan penghormatan terhadap sosoknya. Seperti yang diungkapkan drummer Roots Questlove di akun Instagram.

"Kami hanyalah beberapa kucing muda dalam game pada tur Amerika pertama kami dan seperti murid baru. Rick adalah kucing universitas yang benar-benar mengenalkan kami pada segalanya," pungkasnya.



Simak Video "Gugatan Amalia ke Bambang Pamungkas yang Berujung Ditolak Hakim"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)