Fotografer Hip Hop Ricky Powell Meninggal Dunia

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 03 Feb 2021 10:41 WIB
Ricky Powell
Foto: Instagram Ricky Powell @thelazyhustler
Jakarta -

Kancah musik hip hop Amerika Serikat kehilangan salah satu orang berpengaruhnya. Fotografer Ricky Powell meninggal dunia di usia 59 tahun.

Semasa hidupnya, dia dikenal sebagai fotografer yang kerap mengabadikan momen-momen di atas panggung dan di kancah hip hop. Dia paling dikenal mendokumentasikan Beastie Boys hingga dirinya mendapat julukan sebagai the Fourth Beastie Boy (personel Beastie Boys yang keempat).

Dikutip dari Complex, kabar duka itu dibagikan oleh rekan kerja sekaligus manajer Ricky Powell, Tono Radvany. Dikonfirmasi, Ricky Powell meninggal dunia pada Senin, 1 Februari 2021.

"Aku hanya ingin semua orang tahu bawa dia adalah seorang pria yang spesial dan dia akan sangat dirindukan," kata Tono Radvany.

Sejumlah musisi hip hop pun turut menuliskan ungkapan belasungkawa di media sosial miliknya. Chuck D dari Public Enemy dan Prophets of Rage pun mengungkapkan rasa dukanya dalam sebuah kicauan di Twitter.

"#RestInBeats The Rickster aka RICKY Powell of course to the right of Clyde Frazier was the quintessential New York Cityer , iconic B Boy and the 'freezer of great NEW YORK moments and figures' as a photographer. He shot with authentic ease and NYC swag before the popular term," tulis dia.

Ungkapan itu berarti, "Beristirahatlah dalam irama The Rickster atau Ricky Powell, (seseorang) di samping kanan Clyde Frazier adalah seseorang yang penting bagi warga New York City, ikonik dari B Boy dan orang yang 'membekukan' momen dan tokoh sebagai fotografer."

"Dia menangkap momen otentik dan sisi swag dari NYC sebelum hal itu populer," sambung Chuck D.



Selain itu, musisi Questlove dari The Roots juga mengungkapkan rasa dukanya di Instagram. Dia mengenang betapa Ricky Powell membimbingnya ketika awal merintis karier.

"Penghormatan untuk The Rickster karena telah menjadi pemandu tur pertama kami. Kami hanya pemula (dalam tulisan asli: cats in the game) ketika pertama kali kamu tur Amerika dan kami seperti mahasiswa baru dan Ricky memperkenalkan kami pada segalanya," kenang dia.

Dia lalu menceritakan kenangannya bersama Ricky dan para personel Beastie Boys. Questlove lalu menutup ungkapan bela sungkawanya dengan mengatakan, "Hari terakhir dia mengatakan padaku, "Selalu simpan kenangan, dokumenter dan foto," aku tidak pernah melupakan itu. Terima kasih Rickster! Beristirahatlah dalam irama."

[Gambas:Instagram]



Ricky Powell adalah fotografer yang aktif mengabadikan skena musik dan seni di New York City pada dekade 1980-an hingga 1990-an. Lahir dan besar di kota itu, dia mulai memotret pada 1985. Dia lalu ikut tur bersama Beastie Boys dan Run D.M.C.

Meskipun dikenal dengan karyanya bersama Beastie Boys, Ricky Powell juga pernah mengabadikan sejumlah penggawa hip hop lainnya, di antaranya LL Cool J, Public Enemy, Eric B dan Rakim.



Simak Video "Grup Musik Roxx Cari Keberadaan Produser Dannil Setiawan, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)