5 Fakta Lukisan Marilyn Monroe Dilelang Rp 2,8 T

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 25 Mar 2022 17:49 WIB
Lukisan Marilyn Monroe
Lukisan Marilyn Monroe karya Andy Warhol yang dilelang senilai Rp 2,8 triliun. Foto: Dia Dipasupil/Getty Images
Jakarta -

Nama Andy Warhol bersejarah dalam dunia seni rupa dunia. Bukan sekadar pencetus gerakan pop art saja, namun karya-karya Andy Warhol kerap fenomenal maupun penuh kontroversi.

Salah satu lukisannya yang menggambarkan sosok Marilyn Monroe tengah menjadi pembicaraan. Potret yang berjudul Shot Sage Blue Marilyn itu akan dijual di balai lelang Christie's pada Mei 2022.

Lukisan Shot Sage Blue Marilyn yang dilukis pada 1964 ditaksir akan menghasilkan angka sekitar Rp 2,8 triliun. Jika mencapai angka taksiran, penjualannya akan memecahkan rekor dan menjadi lukisan termahal sepanjang sejarah seni rupa.

Karya Warhol itu juga terbukti terjual Rp 2,8 triliun juga bakal mengalahkan lukisan Warhol sebelumnya. Yakni berjudul Silver Cas Crash (Double Disaster) dengan angka Rp 1,5 triliun pada 2013.

Berikut 5 fakta soal lukisan Marilyn Monroe karya Andy Warhol, seperti dirangkum redaksi detikcom:

1. Potret dari Film Tahun 1953

Sejarah lukisan fenomenal itu berasal dari foto pers saat promosi sebuah film di tahun 1953, Niagara. Film itu disutradarai oleh Henry Hathaway dan dibintangi oleh Marilyn Monroe dan menjadi salah satu box office terbesar di AS saat itu.

Andy Warhol kepincut dengan foto tersebut sampai menggunakannya beberapa kali hingga kematiannya di tahun 1987.

2. Seri Potret Shot Marilyn

Andy Warhol membuat beberapa seri dari lukisan tersebut. Seri yang diberi judul Shot Marilyn diproduksi Warhol usai insiden di studionya di pusat kota pada 1964.

Seorang pengunjung diketahui menembak dan merusak setumpuk kanvas yang ada di dalam studio.

3. Sumbangan untuk Amal

Lukisan Marilyn Monroe awalnya dijual dari perkebunan dealer seni asal Swiss, Thomas dan Doris Ammann, atau yang mendirikan Thomas Ammann Fine Art pada 1977.

Galeri itu terkenal dengan karya koleksi modern dan kontemporer. Doris menjalankan perusahaan sampai kematiannya di usia 76 tahun pada Maret 2021.

Semua hasil penjualan potret karya Andy Warhol akan disumbangkan kepada badan amal yang didirikan oleh keluarga mereka. Juru bicara Christie's juga mengatakan semua hasil penjualan kepada yayasan kesehatan dan pendidikan untuk anak-anak di seluruh dunia.

(Baca halaman berikutnya)



Simak Video "Lukisan Marilyn Monroe Cetak Rekor Lelang di New York"
[Gambas:Video 20detik]