Lukisan Langka Jean-Michel Basquiat Jadi Sorotan di Antara Beyonce dan Jay Z

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 24 Agu 2021 11:45 WIB
Lukisan langka Jean-Michel Basquiat
Lukisan Jean-Michel Basquiat berjudul Equals Pi Foto: Tiffany & Co.
Jakarta -

Penampilan Beyonce dan Jay Z dalam kampanye terbaru Tiffany & Co. menarik perhatian para pencinta seni. Bukan dari pakaian sang bintang saja, namun lukisan yang berada di antara keduanya.

Di antara Jay Z dan Beyonce terdapat lukisan langka ciptaan Jean-Michel Basquiat yang berjudul Equals Pi. Lukisan yang dibuat tahun 1982 itu didominasi oleh warna biru hijau yang menjadi ciri khas dari sang seniman.

Di atas permukaan lukisan, terdapat gambar tengkorak yang biasa ada di dalam karya-karya Baquiat. Kemudian, ada juga tulisan 'Amorite', 'Knowledge of the cone', 'ten yen' hingga 'dunce'.

Sang seniman juga memasukkan simbol-simbol dan algoritma tertentu dalam lukisan Equals Pi.

Sebelum dimiliki oleh pengusaha Tiffany & Co., lukisan itu pernah dikoleksi oleh pengusaha perhiasan lainnya. Mereka adalah desainer asal Italia, Alberto dan Stefania Sabbadini.

Lukisan Basquiat berjejer dengan karya maestro lainnya di apartemen dua pengusaha perhiasan tersebut, bersama dengan Andy Warhol, George Condo, Anselm Kiefer, Damien Hirst, Cindy Sherman, dan Rene magritte.

Dilansir dari Art News, Selasa (24/8/2021), keluarga itu membelinya pada 1996 selama lelang di Sotheby's London. Harganya pun mencapai Rp 3,7 miliar.

Sabbadini pun menjualnya secara pribadi ke merek perhiasan mewah Tiffany & Co. dengan angka penjualan yang tidak diketahui.

Kolektor karya-karya Jean-Michel Basquiat, Larry Wash, mengatakan luar biasa perusahaan Tiffany menemukan satu-satunya lukisan yang memiliki referensi ke Tiffany.

"Ini adalah kolaborasi yang luar biasa dan karya yang sangat penting dari seri itu," katanya, dilansir dari berbagai sumber.

Dalam iklan Tiffany terbaru, Beyonce mengenakan gaun Balmain berwarna serba hitam bertatahkan berlian. Penampilannya terinspirasi oleh gaun Audrey Hepburn dalam film Breakfast at Tiffany's pada 1991.

Sementara suami Beyonce, Jay Z mengenakan setelan jas yang meniru gaya pakaian Basquiat ketika muncul di sampul Majalah New York pada 1985.

Untuk kampanye Tiffany, mereka bekerja sama dengan sutradara Emmanuel Adjei yang pernah menggarap album visual Beyonce, Black is King.


Karya-karya Jean-Michel Basquiat semakin dikenal setelah kematiannya. Salah satu lukisannya yang berjudul Intitled menggambarkan kepala mirip tengkorak, menggunakan cat akrilik, dan semprotan di kanvas raksasa, tercatat sebagai lukisan termahal di dunia sepanjang abad ke-20.

Seorang kolektor asal Jepang, Yusaku Maezawa, membeli lukisan tersebut seharga $110,5 atau setara dengan Rp 1,48 triliun, dalam rumah lelang Sotheby New York pada 18 Mei 2017. Rekor itu tercapai berselang hampir 30 tahun setelah kematian Basquiat.



Simak Video "Indahnya Lukisan Dila, Gadis Penyandang Disabilitas Asal Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)