detikHot

art

Bangkrut, Miliarder Asal Jepang Jual Koleksi Lukisan Andy Warhol Rp 29 M

Senin, 06 Mei 2019 11:05 WIB Tia Agnes - detikHot
Bangkrut, Miliarder Asal Jepang Jual Koleksi Lukisan Andy Warhol Rp 29 M Foto: MOMA/ Istimewa Bangkrut, Miliarder Asal Jepang Jual Koleksi Lukisan Andy Warhol Rp 29 M Foto: MOMA/ Istimewa
Jakarta - Seorang miliarder asal Jepang Yusaku Maezawa dikenal juga sebagai kolektor barang-barang seni. Baru-baru ini ia mengaku bangkrut dan tak punya uang sama sehali sampai harus menjual koleksi lukisan-lukisannya.

Beberapa item koleksinya diposting lewat akun Twitter dan bakal dilelang di Sotheby New York pada 16 Mei. Salah satu lukisan yang dilelang adalah lukisan bunga ciptaan Andy Warhol.

Angka penjualan lukisan Andy Warhol diprediksi terjual antara Rp 21,4 - Rp 29 miliar. Ada juga lukisan Ed Ruscha dengan harga perkiraan sekitar Rp 42,9 miliar.



Pengakuan Yusaki Maezawa yang bangkrut mengagetkan publik. Dia merupakan pendiri sekaligus CEO pengecer mode online bernama Zozo. Dia juga dikenal sebagai pendiri Start Today di tahun 1998 silam.

"Ya, saya tidak pernah punya uang lagi karena saya selalu membelanjakannya," ujarnya disertai emoji wajah tertawa.

Belum lama ini ia membeli lukisan Jean-Michel Basquiat senilai Rp 1,5 triliun. Serta mendaftar untuk menjadi penumpang pribadi pertama yang dibawa keliling bulan oleh SpaceX dan Elon Musk.


(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com