Ada-ada Saja! Karya Seni Kubus Emas Dijual Rp 168 Miliar

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 26 Apr 2022 11:40 WIB
Karya Seni Kubus Emas Dijual Rp 168 Miliar
Foto: Istimewa
Jakarta -

Seniman asal Jerman, Niclas Castello membuat kaget para pencinta seni dengan karya tak biasa. Sebuah kubus berbahan emas 24 karat yang dipamerkan di Hotel Ca'di Dio di Venesia dijual seharga Rp 168 miliar. Wah!

Debut di Venesia, sang seniman yang juga meluncurkan karyanya dalam bentuk koin kripto mengatakan karya seninya dijual secara digital dan fisik.

"Ini adalah proyek seni pertama yang dimaksudkan untuk bertindak sebagai katalis antara karya seni fisik dan mata uang kripto," katanya, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (26/4/2022).

Venice Art Biennale merupakan biennale tertua dan terpenting di dunia. Karya seni berjudul Castello Cube juga sukses menarik perhatian banyak pencinta seni, termasuk raja meme di dunia seni Jerry Goosian.

Dia mengatakan kubus yang diciptakan seniman Jerman itu seperti mainan dan bukan sebuah karya seni yang spektakuler.

"Kubus itu terasa seperti mainan zombie, antara Donald Judd dan Andy Warhol. Sebagai pengingat yang gelisah tentang betapa seni kontemporer telah menjadi seni finansial," katanya.

Selama 12 jam setelah dipamerkan di ajang pameran seni tertua itu, Castello Cube juga sukses menjadi sensasi meme. Ini bukan pertama kalinya, Castello mendapatkan cibiran gara-gara kubus yang dibuatnya.

Pada Februari 2022, kubus emas buatannya juga pernah dipajang di Central Park, New York, AS. Sayangnya, karyanya tidak mendapatkan sambutan yang meriah seperti di Venice Art Biennale.

Venice Art Biennale adalah pameran seni dua tahunan yang diselenggarakan di Venesia, Italia. Event ini dikenal sebagai eksibisi tertua karena sudah berlangsung ratusan tahun lamanya.

Tahun ini, Venice Art Biennale yang ke-59 dibuka pada 23 April dan berlangsung sampai 27 November 2022. Berbagai paviliun setiap negara dan karya para seniman dipajang untuk memeriahkan pagelaran bertaraf internasional tersebut.



Simak Video "Ketika Karya Seni Berpadu dengan Kecanggihan Teknologi"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)