ADVERTISEMENT

Anak Rusun Mendongeng Beralih Wahana, Kini Jadi Animasi

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 25 Mar 2022 15:46 WIB
Animasi Anak Rusun Mendongeng
Animasi Anak Rusun Mendongeng diluncurkan oleh Yayasan Waroeng Imaji. Foto: Yayasan Waroeng Imaji/ Istimewa
Jakarta -

Sukses dengan pementasan musikal, Yayasan Waroeng Imaji melalui program Anak Rusun Mendongeng kini mengembangkan menjadi alih wahana lainnya. Anak Rusun Mendongeng bekerja sama dengan Binus University menciptakan animasi dari karakter-karakter yang sudah ada.

Pendiri Yayasan Waroeng Imaji, Veronica Tan, mengatakan program animasi Anak Rusun Mendongeng ingin mengeksplorasi dan mengajak talenta muda agar berkarya.

"Selama masa pandemi, kita sulit mengadakan kegiatan offline. Waroeng Imaji berinisiatif untuk tetap melakukan pendidikan pembangunan karakter anak melalui program Anak Rusun Mendongeng," tutur Veronica Tan saat jumpa pers, belum lama ini.

Sejak menciptakan program Anak Rusun Mendongeng, Yayasan Waroeng Imaji membuat format yang tidak menggurui. Tidak memiliki tokoh antagonis dan menggunakan kata-kata yang berkonotasi negatif.

Pihaknya juga kerap melibatkan berbagai tokoh masyarakat dan anak-anak rusun dalam pembacaan ceritanya.

Animasi Anak Rusun MendongengAnimasi Anak Rusun Mendongeng Foto: Yayasan Waroeng Imaji/ Istimewa

"Kami juga memberikan pilihan format yang digemari dan dirasa kekinian, yakni animasi YouTube dan Podcast yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh orang tua dan tenaga didik," sambungnya.

Dari situ, Yayasan Waroeng Imaji pun mengembangkan cerita menjadi animasi dongeng. Program pun dimasukkan ke dalam kurikulum fakultas yang karyanya dibuat oleh mahasiswa universitas tersebut.

"Hasil animasi yang kami terima sangat luar biasa dan di luar dugaan. Kualitasnya sangat membanggakan dan bisa disejajarkan dengan kualitas animasi dunia," sambungnya.

Kepala DKV Animation Program di Binus University, Dermawan Syamsuddin, mengatakan proses pengerjaan animasi dongeng ini sekitar 6 bulan. Mulai dari riset karakter, pendalaman cerita, sampai visualisasi.

Dalam cerita dongeng animasi, Artistic Director Yayasan Waroeng Imaji, Dovieke Angsana, mengatakan dongeng kali ini berdasarkan kisah dan tokoh Hutan Cagaria.

Ad 6 episode animasi dongeng yang bakal diluncurkan sepanjang 2022. Episode pertama berjudul Pahlawan Kecil yang bisa ditonton di YouTube Yayasan Waroeng Imaji.



Simak Video "Kekesalan Devina Kirana Dituding Jadi Selingkuhan Rizky Billar"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT