Menghidupkan Lagi Karya-karya Ismail Marzuki di Panggung Musikal

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 17 Feb 2022 17:30 WIB
Audisi online Mentjari Bang Maing dan Djoewita
Audisi online Mentjari Bang Maing dan Djoewita digelar sampai 13 Maret 2022. Foto: Indonesia Kaya/ Istimewa
Jakarta -

Nama Ismail Marzuki dikenal sebagai komponis kenamaan Indonesia yang melegenda. Karya-karyanya masih dikenal sampai sekarang.

Tahun ini, Indonesia Kaya kembali menghidupkan lagi karya-karya Ismail Marzuki lewat serial musikal online. Rencananya, musikalnya bakal digelar pertengahan tahun ini.

Eksekutif produser Garin Nugroho mengatakan Indonesia Kaya mencoba untuk membangkitkan lagi karya sastra ke dunia sekarang.

"Setelah Siti Nurbaya karya Marah Rusli, kini Indonesia Kaya menghidupkan kembali Ismail Marzuki dan kita bisa lihat kemampuan channel YouTube Indonesia Kaya yang sebelumnya sampai ditonton 20 juta kali," kata Garin Nugroho saat jumpa pers virtual, Kamis (17/2/2022).

Indonesia memasuki industri 4.0 yang sekarang serba digital. Di era sekarang, jika lahir sosok manusia bernama Ismail Marzuki pastinya bakal ada banyak pembaharuan.

"Ismail Marzuki lahir di berbagai era. Lakon ini akan membawa sejarah penting seorang komponis kepunyaan Indonesia. Membawa industri hiburan ke dalam percampuran musik yang di dalamnya ada banyak genre," sambung Garin Nugroho.

Anak-anak muda masa sekarang, lanjut dia, bisa melihat nilai besar dari sosok Ismail Marzuki. Tokohnya juga membawa nilai kebangsaan.

"Ismail Marzuki hidup di Kwitang dan berjualan drama. Ia hidup sebagai penanda zaman di dunia musik, ketika nanti para pelakon membawakan karya Ismail Marzuki maka akan membawa sejarah besar gabungan yang luar biasa," katanya.

Indonesia Kaya pun membuka audisi online bernama Mentjari Bang Maing dan Djoewita. Rangkaian program online yang bertujuan menyaring seniman muda berbakat Indonesia, hasil akhirnya adalah pertunjukan serial musikal online.

Nantinya, peserta yang memiliki kemampuan akting, vokal, tari, dan bermain instrumen musik (tidak wajib) yang telah mengikuti serangkaian program ini akan berkesempatan untuk menjadi bagian dari drama musikal terbaru yang diproduksi oleh www.indonesiakaya.com bersama Garin Nugroho dan juga TEMAN.

"Karya-karya Ismail Marzuki itu membawa sejarah musik, personal, kebangsaan, dan juga industri kreatif yang hidup di kota," tegasnya.

Pada 2021, www.indonesiakaya.com sukses menyuguhkan Serial Musikal Nurbaya yang terinspirasi dari novel Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli. Serial Musikal Nurbaya ini diisi oleh pekerja seni yang mengikuti rangkaian program online Mencari Siti dan berhasil lulus casting.

Pertunjukan musikal Nurbaya di channel YouTube IndonesiaKaya sampai ditonton lebih dari 20 juta kali.



Simak Video "Yang Beda dari Pelatihan Seniman Indonesia Menuju Broadway 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)