Riset Medium untuk Berkarya, Bikin Hasil Makin Gaya

Jihaan Khoirunnisa - detikHot
Jumat, 14 Jan 2022 18:32 WIB
Sampoerna
Foto: Istimewa
Jakarta -

Dalam dunia seni, medium adalah sebuah terminologi yang dapat diartikan sebagai dua prinsip yang saling bertumpangan. Ia dapat diartikan sebagai jenis dari sebuah media yang digunakan dalam suatu karya seni, seperti seni lukis atau seni patung.

Tapi ia bisa juga diartikan sebagai material yang digunakan dalam sebuah karya itu tadi, seperti pahatan yang terbuat dari tembaga atau sebuah sketsa yang digambar dengan pensil.

Seiring perkembangan zaman, seni modern telah dihadapkan dengan munculnya medium-medium baru yang dapat ditafsirkan dalam kedua prinsip tadi sekaligus. Para pionir-pionir seni modern telah membuktikan kalo sebuah karya seni bisa dibuat dari segala jenis material. Maka dari itu, medium dari sebuah karya seni modern bisa berarti sebuah objek temuan atau buatan yang terbuat dari material apapun atau bahkan juga bisa diartikan sebagai bagian tubuh dari si seniman pembuatnya itu sendiri.

Perkembangan teknologi juga telah memunculkan gelombang baru gerakan new media art yang menggunakan inovasi teknologi sebagai sebuah medium karya seni. Evolusi medium-medium tadi juga kemudian mempopulerkan istilah mixed media art sebagai terminologi untuk penggunaan medium yang bervariasi dalam sebuah karya seni.

Ekspansi dari media sebagai sebuah material itu tadi adalah pemicu munculnya tipe-tipe karya seni baru seperti installation art atau performance art yang sering kita lihat di pameran-pameran. Keduanya adalah bentuk karya seni tiga dimensi yang cukup berbeda dari karya seni tradisional seperti patung atau lukisan sehingga dapat dianggap sebagai sebuah medium baru.

Kini, seniman yang hidup di era modern ini dihadapkan dengan banyak sekali pilihan bentuk dan format medium untuk menciptakan sebuah karya seni. Maka dari itu, penting untuk seorang seniman punya rasa haus akan eksperimen dan eksplorasi akan berbagai medium agar bisa dapat lebih bebas berekspresi.

Tapi gimana sih kiat-kiat yang paten untuk riset sebuah medium baru dalam berkarya? Berikut ini adalah sedikit panduan yang sudah disiapkan untuk kamu coba!

Pelajari Medium Tersebut dengan Tuntas

Sebelum terjun untuk bereksperimen, ada baiknya untuk sebanyak mungkin membaca dan menonton segala hal yang ada seputar medium baru tersebut. Penting untuk menjaga diri biar nggak terlalu percaya diri dan tetap terbuka akan pendapat atau instruksi dari luar yang berbeda dengan opini kita.

Perbanyak Eksperimen dengan Medium Baru

Terlalu banyak mempelajari suatu hal tanpa benar-benar mencoba dan bereksperimen untuk berkarya dengan medium baru juga adalah hal yang harus kita hindari. Kita harus siap untuk benar-benar terjun sepenuhnya bereksperimen sebanyak-banyaknya serentak dengan kita berjalan mempelajari seluk-beluk dari medium tersebut.

Terbuka dengan Kegagalan

Dalam mendalami sebuah medium baru dalam berkarya, kita nggak akan berhasil hanya dalam satu atau dua kali percobaan. Proses pembelajaran yang kita jalani dalam berkarya dengan medium baru adalah hal terpenting yang bisa kita cerna dan jadikan pengalaman. Seringkali, proses trial and error adalah waktu di mana ide-ide baru bakalan muncul.

Biarkan Gaya Artistik Kita Terbentuk dengan Sendirinya

Untuk benar-benar mengerti bagaimana kita bisa mengekspresikan ide artistik kita sepenuhnya dengan menggunakan medium tersebut, kita harus membiarkan gaya artistik kita terbentuk dengan sendirinya. Kita nggak boleh terjebak dengan mengikuti sebuah formula artistik yang udah terpatok seperti karya milik orang lain.



Simak Video "Melihat Penafsiran Keberagaman Lewat Pameran Karya Seni di UIN Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)