5 Fakta Basoeki Abdullah, Ada Lukisan Nyi Roro Kidul hingga Bunda Maria

ADVERTISEMENT

5 Fakta Basoeki Abdullah, Ada Lukisan Nyi Roro Kidul hingga Bunda Maria

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 09 Des 2021 08:41 WIB
Gedung baru di Museum Basoeki Abdullah diresmikan pada Selasa (29/11/2016)
Patung Basoeki Abdullah di museum pribadinya. Foto: Tia Agnes/ detikHOT

4. Rumah Pribadi Jadi Museum

Rumah pribadi milik Basoeki Abdullah di Jalan Keuangan Raya, Cilandak Raya, Jakarta Selatan itu kini menjadi museum pemerintah. Pada 5 November 1993, semua media memberitakan mengenai meninggalnya Basoeki Abdullah yang mengenaskan karena kasus pencurian.

Gedung baru di Museum Basoeki Abdullah diresmikan pada Selasa (29/11/2016)Gedung baru di Museum Basoeki Abdullah diresmikan pada Selasa (29/11/2016) Foto: Tia Agnes/ detikHOT

Dalam situasi yang menyedihkan, pria yang akrab disapa Pak Bas ternyata sudah membuat akta waris untuk menjadikan rumah dan lukisannya sebagai museum.

Setelah melewati berbagai pertimbangan, akhirnya sang istri Basoeki Abdullah, Nataya Nareerat keluar dari rumah dan sepakat dengan wasiat yang ditulis Basoeki. Dia mendapat deposito Rp 210 juta, senilai dengan harga rumah saat itu dan lukisan sebagian jadi miliknya.

Kemudian, rumah pun direnovasi agar bisa difungsikan sebagai museum. Pada 25 September 2001, Museum Basoeki Abdullah pun diresmikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Drs.I Gede Ardika. Jumlah koleksi yang dihibahkan sebanyak 123 buah, koleksi pribadi (barang dan benda seni) milik Basoeki sebanyak 720 buah, serta buku dan majalah sebanyak 3000 eksemplar.

5. Lukisan Bunda Maria

Basoeki Abdullah ternyata pernah melukis Bunda Maria berbusana Jawa yang tersimpan di kota Nijmegen, Belanda.

Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB Aminudin TH Siregar dan kurator seni Amir Sidharta adalah salah satu orang yang berkesempatan melihatnya pada Maret 2019. Lukisan itu pun terungkap ke publik, sayangnya dua lukisan lainnya masih menjadi misteri.

Lukisan 'Maria Assumpta' karya Basoeki Abdullah di BelandaLukisan 'Maria Assumpta' karya Basoeki Abdullah di Belanda Foto: KBRI Den Haag/ Istimewa

Lukisan 'Maria Assumpta' menampilkan Bunda Maria berbalut busana khas Jawa, mengenakan kain parang dan kebaya beludru berwarna gelap. Disertai giwang dan selendang putih berbalut.

Di bagian lukisan juga terdapat pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu. Serta pemandangan sawah, aliran sungai, hutan, dan pohon kelapa. Seakan-akan lukisan Bunda Maria karya pelukis yang meninggal secara tragis itu sedang memberkati Pulau Jawa.



Simak Video "Keren! 3 Seniman Video Mapping Indonesia Lolos Tokyo Light Festival"
[Gambas:Video 20detik]

(tia/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT